MobilKomersial.com -- Kini bus di Indonesia memiliki tampilan yang menarik. Bentuk dan desain dari bus berasal dari bodybuilder atau yang biasa dikenal dengan karoseri. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan karoseri bus. Malah sudah ada yang karyanya tembus ke dunia Internasional.

Tapi, dari sekian banyak perusahaan otobus (PO) di Indonesia, ternyata ada lho yang setia pada satu karoseri saja. Nah, PO mana saja yang setia ya? Berikut nama PO yang setia pada satu karoseri saja.

1. Sempati Star

PO yang berasal dari Aceh ini mempercayakan seluruh armadanya dibuat di karoseri asal Malang, yakni Adi Putro. PO Sempati Star berawal dari PO Bintang Sempati yang sudah sejak lama tidak beroperasi lagi. Mulai bulan Mei 2012 berganti kepemilikian dan berubah nama menjadi Sempati Star dan mulai beroperasi mulai bulan September 2012.Sejak itu, PO Sempati Star menggunakan jasa karoseri Adi Putro, dan berlangsung hingga kini.

2. A.N.S

PO yang berdiri sejak 1960-an ini sudah sejak lama menggunakan body garapan karoseri Morodadi Prima untuk semua armadanya. Karena loyalitasnya menggunakan jasa Morodadi Prima, PO A.N.S dikabarkan menjadi seller bosy karoseri Morodadi Prima di Sumatera. Jadi, bagi PO bus Sumatera yang lain ingin menggunakan jasa karoseri Morodadi Prima bisamemesan melalui PO A.N.S.

3. Raya

PO asal Solo ini setia pada satu karoseri, yakni karoseri Laksana asal Unggaran, Jawa Tengah. PO Raya yang beroperasi sejak tahun 1960-an dan mulai melayani segmen bus malam pada tahun 1980-an. Loyalitasnya mulai terlihat di era 90-an. Hampir seluruh armadanya kala itu menggunakan body garapan Laksana.

4. Easy Trans

PO asal Magelang ini menyediakan jasa bus pariwisata. Armadanya menggunakan body garapan karoseri New Armada. Malah ada model khusus yang milik New Armada yang menjadi armada busnya, yakni Aristo.

5.MGI (Maya Gapuraning Intan)

Bagi masyarakat Jawa Barat pasti tidak asing dengan dengan PO bus yang satu ini. Khususnya daerah Bandung, Sukabumi, Cianjur serta Bogor. Bus yang berwarna dasar biru dengan livery khas kotak-kotak ini menjadi pelanggan setia dari karoseri Rahayu Sentosa asal Bogor.

6. Surya Bali

Dari dulu hingga kini, PO Surya Bali setia menggunakan body dari karoseri Adi Putro.PO yang bermarkas di Bali ini memiliki seri Marcopolo, Jetbus, Jetbus 2, Jetbus 2 SHD, hingga yang terbaru adalah Jetbus 3+.

Selain itu masih banyak PO yang setia terhadap satu karoseri saja.Seperti Tentrem yang setia pada buatan karoserinya sendiri yakni Karoseri Tentrem.

Share :

Produsen Bus di China Kirim Ratusan Bus dengan Fitur Anti Covid-19 ke Siprus

Sebanyak 200 bus dengan fitur keselamatan yang relevan terhadap pandemi Covid-19.

Read More
Intip Penampakan “Healthcare Bus” Asal Tiongkok, yang Diklaim Bebas Corona

Shanghai Sunwin Bus Corporation meluncurkan Healthcare, sebuah bus pintar yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan mutakhir, yang diklaim bebas virus corona

Read More
Bisnis Bus Pariwisata Tiarap, Gilang Widya Bos PO Juragan 99 Trans Siapkan Skema Alternatif

Juragan 99 Trans tetap menjamin kesediaan layanan namun akan mengubah pola operasi khususnya untuk social distancing demi mencegah penyebaran Covid-19 dengan menghadirkan armada terbaru Avante H8.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler