MobilKomersial.com – Indonesia memiliki banyak perusahaan otobus (PO) yang tersebar diberbagai daerah. Namun, dari sekian banyak PO, ada beberapa yang spesial. Mulai dari model yang terbatas hingga sasis satu-satunya di Indonesia. Nah, PO mana saja yang memiliki keistimewaan tersebut? Berikut ulasannya.

Yang pertama, ada bus dari Putera Mulya yang bodynya dibuat khusus. Body Maxibus XHD garapan karoseri Laksana memang menjadi model yang hanya dibuat untuk PO Putera Mulya. Yang membuatnya berbeda adalah pada tinggi bus yang setara Jetbus SHD 2+ karoseri Adi Putro. Selain itu perbedaan terdapat pada aksen chrome di bagian bawah grill belakang.

Kedua ada bus dari Safari Dharma Raya yang memiliki bus bermodel Tourismo garapan Adi Putro. Nah, model bus ini ternyata juga menjadi satu-satunya di Indonesia. Sasisnya menggunakan MB OH 1830. Model body bus dibuat khusus dengan permintaan dari PO, jadi tidak ada PO lain yang model Tourismo tersebut.

Selanjutnya, ada bus Blue Star yang menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1632. Apa sepseialnya sasis ini? Ternyata sasis ini hanya ada 10 di dunia dan hanya ada 1 di Indonesia. Ditenagai oleh mesin OM 926 LA, 6 Silinder Inline, berkapasitas 7.200 cc yang sanggup memproduksi tenaga hingga 320 Hp. Tentu angka yang sangat besar pada jamannya. Untuk urusan body, Bus Blue Star ini menggunakan body Jetbus SHD 2+ garapan Adi Putro.

Terkahir, ada bus dari KAP Group yakni PO Kurnia, Po Anugerah dan PO Pusaka. Ketiga PO ini didukung oleh bus bersasis Mercedes-Benz OH 1634. Armada yang tersedia untuk melayani trayek Medan dan Aceh ini hanya ada 20 unit di Indonesia. Dan semuanya hanya dimiliki oleh KAP Group.

Pada masanya, bus ini salah satu yang terbaik di Indonesia. Bus ini disokong oleh  mesin diesel OM442A . Sasis bus ini juga menjadi pioneer bus yang menggunakan air suspension serta sistem pengereman ABS dan Retarder. Bodynya digarapan oleh Karoseri Rahayu Sentosa dengan model Setra.

Share :

Produsen Bus di China Kirim Ratusan Bus dengan Fitur Anti Covid-19 ke Siprus

Sebanyak 200 bus dengan fitur keselamatan yang relevan terhadap pandemi Covid-19.

Read More
Intip Penampakan “Healthcare Bus” Asal Tiongkok, yang Diklaim Bebas Corona

Shanghai Sunwin Bus Corporation meluncurkan Healthcare, sebuah bus pintar yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan mutakhir, yang diklaim bebas virus corona

Read More
Bisnis Bus Pariwisata Tiarap, Gilang Widya Bos PO Juragan 99 Trans Siapkan Skema Alternatif

Juragan 99 Trans tetap menjamin kesediaan layanan namun akan mengubah pola operasi khususnya untuk social distancing demi mencegah penyebaran Covid-19 dengan menghadirkan armada terbaru Avante H8.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler