MobilKomersial.com -- Badan lebih gede. Mesin lebih besar. Muatan lebih berat. Pasti butuh oli mesin lebih banyak dibanding mobil penumpang. Nah, sebetulnya, kapan sih oli truk harus ganti? Terus, berapa liter dan berapa biaya yang dihabiskan untuk membeli oli tersebut?

Pertanyaan ini banyak kita dengar. Wajar saja. Kalau di mobil penumpang sudah terbayang. Seperti Avanza, Xenia atau Xpander yang butuh oli mesin sekitar 4 literan. Nah, kalau truk yang segede gaban itu berapa ya butuhnya? 

Daripada bingung, kami bertandang ke markas Hino. Nah menurut tim teknik Hino yang tidak mau disebut namanya ini, penggantian oli tergantung jenis oli yang digunakan.

Kalau olinya Hino Geuniene Oil (HGO) itu setiap 20.000 km, sementara yang versi lokalnya atau HMSI Original Part (HOP) itu setiap 10.000 km.

Spesifikasi oli mesin yang digunakan adalah SAE  15W-40. Untuk penggantian oli di bengkel resmi, biaya yang dikeluarkan oleh konsumen rata-rata sebesar Rp 600 ribuan. Itu takaran biaya untuk jenis truk heavy duty seperti New Ranger yang memiliki kapasitas oli mesin 13,5 liter.

Share :

Ternyata Ini Alasannya DCVI Luncurkan Mercedes-Benz Axor 2528 CH

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia meluncurkan Mercedes-Benz Axor 2528 CH yang memiliki spesifikasi khusus untuk area off-road dan pertambangan.

Read More
Edukasi Titik Buta Truk Tangki, Pertamina Gelar Safety Riding Siswa SMK di Banten

Kali ini edukasi diberikan kepada sekitar 300 siswa SMKN 4 Pelayaran Cilegon, Tanjung Sekong. Edukasi meliputi pelatihan safety riding dan sosialisasi blind spot atau titik buta di sekitar mobil tangki.

Read More
Hadir di Mining Indonesia 2019, Iveco Bawa Truk Andalan untuk Medan Offroad

Dalam keikusertaannya di pameran yang berlangsung pada 18-21 September 2019 ini, Chakra Jawara membawa empat unit truk andalannya dengan berbagai ukuran dan kegunaan.

Read More