MobilKomersial.com -- PT Eka Mira Prima Sentosa, atau biasa dikenal dengan PO Eka-Mira, adalah penyedia jasa transportasi publik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Perusahaan Otobus (PO) ini melayani beragam rute di kota-kota di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Menilik sejarahnya, Eka-Mira berangkat dari sebuah toko kain di Jl. Mojopahit No. 188, Mojokerto. Pada 1971, Fendi Haryanto selaku pemilik toko berinisiatif membangun bisnis baru yang bergerak di bidang transportasi massal berbentuk bus yang melayani rute antarkota. Awalnya, bisnis tersebut dimulai dengan nama PO Flores, mengikuti nama toko kainnya, dan melayani rute pulang pergi Surabaya – Solo. Operasional Flores selanjutnya diikuti dengan pendirian PO Surya Agung (bus AC) yang melayani trayek Malang – Surabaya – Ponorogo/Magetan.

Pada perkembangannya, Fendi Haryanto memperkenalkan Eka-Mira sebagai pengganti Flores dalam melayani rute Surabaya – Solo. Nama Eka-Mira sendiri terinspirasi dari nama anak-anak Fendi. Pada awalnya, Eka-Mira merupakan dua PO berbeda, yang masing-masing memiliki manajemen dan jadwal tersendiri. Namun pada 2007, kedua PO tersebut bergabung menjadi Eka-Mira seperti pada saat ini.

Kantor pusat Eka-Mira berada di Jl. Bhayangkara No. 63, Mojokerto. Pulnya sendiri berada di Jl. Raya Gilang No. 10, Taman Sidoarjo, Jawa Timur. Perusahaan ini mengusung visi menjadi salah satu penyedia armada bus dengan kualitas pelayanan terbaik dan menjadi armada yang terpercaya bagi masyarakat pengguna jasa transportasi.

Visi mulia tersebut diwujudkan melalui dua misi. Pertama, Eka-Mira memiliki misi untuk menyajikan layanan angkutan jalan berkelas dan berkualitas prima yang aman dan terjangkau oleh masyarakat, yang dapat memuaskan pengguna jasa di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Kedua, Eka-Mira menjalankan prinsip pengelolaan perusahaan yang baik, dalam rangka memenuhi harapan para mitranya.

Dalam pelayanannya, Eka-Mira menawarkan layanan bus antarkota yang secara khusus terbagi dalam dua segmen konsumen, yaitu kelas eksekutif yang dilayani PO Eka dan kelas ekonomi yang menggunakan PO Mira. Meskipun terbagi menjadi 2 kelas, Eka-Mira senantiasa menyediakan fasilitas unggulan untuk menambah kenyamanan semua penumpangnya selama perjalanan. Armada Eka-Mira menggunakan bus terbaru dengan fasilitas AC, kursi berupa sofa empuk yang berjarak lapang, dan ditata dengan konfigurasi 2-2 (kelas eksekutif) atau 2-3 (kelas ekonomi).

Jadwal keberangkatan Eka-Mira juga bervariasi menyesuaikan dengan trayeknya, namun rata-rata bus beroperasi dari pagi hingga malam. Beberapa rute yang dilayani PO Mira adalah rute pulang pergi Surabaya – Yogyakarta, Solo – Yogyakarta, dan Solo – Surabaya. Adapun tarif tiket juga menyesuaikan dengan kelas dan rutenya.

Share :

Dian Andyasuri Dipercaya Pimpin Shell Indonesia

Dian mengawali karirnya di Shell pada tahun 2008 sebagai General Manager Keuangan untuk bisnis Ritel, sebelum pindah ke Singapura dan bergabung dengan grup Shell Global Downstream Strategy and Consultancy

Read More
Mengenal Aliko Dangote, Pemborong Mobil Pak Tani AMMDes

Pengusaha kaya asal Nigeria bernama Aliko Dangote baru saja melakukan pembelian 10 ribu unit AMMDes dengan nilai kontrak mencapai Rp 700 miliar hingga Rp 1,4 triliun.

Read More
Sejarah Berdirinya FORCI, Dari 14 Founder Hingga Kini Sudah Ratusan Member

Komunitas FORCI dikenal dari para pendirinya yang sangat kental dengan persahabatan layaknya keluarga. Mereka membangun kesuksesan bersama-sama hingga nama FORCI tetap harum.

Read More