MobilKomersial.com – Masih ingat apa saja bus tingkat yang telah diproduksi oleh karoseri New Armada? Sampai saat ini, ada 4 jenis bus double decker yang telah dilahirkan dari garasi karoseri asal  Magelang ini lho.

Ditahun 2010, New Armada merilis bus tingkat pertama yang diberi nama "Paradise". Yang pertama kali menggunakan bus tingkat dari New Armada adalah bus wisata tingkat yang dioperatori Transjakarta. Bus double decker tersebut menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF.

foto : ekha surya

Bus tingkat kedua hadir digelaran IIBT 2016 dengan nama Highlander. Bus tersebut juga digunakan untuk bus wisata kota Jakarta. Highlander juga dibangun diatas sasis Mercedes-Benz OC 500 RF. Ciri khasnya terdapat di selendang dan juga fender wheel. Namun untuk tampilan lampu belakang masih sama dengan yang digunakan oleh Paradise.

foto : ekha surya

Ketiga, bus tingkat yang hadir ditahun 2018 dengan nama Dreamliner. Bus ini merupakan bus tingkat pertama buatan karoseri New Armada yang digunakan untuk bus reguler. Dan unit pertama menjadi miliki PO Primadona asal Makassar. Kalau sasis masih sama seperti sebelumnya, yakni menggunakan Mercedes-Benz OC 500 RF. Untuk tampilan, Dreamliner mengadopsi desain dari Evolander.

Nah, bus tingkat terbaru New Armada meluncur pada bulan Maret lalu, tepatnya di ajang Busworld South East Asia 2019. Bus tingkat itu diberi nama Skylander. PO Primadona menjadi yang pertama memilki bus Double Decker garapan New Armada tersebut.

Skylander dibangun diatas sasis Scania K410 IB 6X2. Selain sasis Scania, Skylander juga cocok menggunakan sasis Volvo B11R 370 6X2, Mercedes-Benz 0C 500 RF 25Y2 6X2. Bus ini dibanderol Rp 3,3 miliar per unitnya.

Share :

BPTJ Akan Sediakan Bus Gratis di Stasiun hingga Akhir 2020

Pemerintah berupaya mengatasi penumpukan penumpang KRL dengan menyediakan bus gratis setiap Jumat sore dan Senin pagi.

Read More
Sensasi Minum Kopi di Dalam Bus Sambil Berkeliling Kota Jember

Bagi warga Kota Jember, Jawa Timur khususnya pecinta kopi, kini ada aktivitas wisata baru berupa menikmati kopi sambil berkeliling kota di dalam bus.

Read More
Ganjil Genap Mulai Berlaku, TransJakarta Tambah Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang

Mulai berlakunya kembali kebijakan ganjil genap selama hari kerja mulai Senin (03/08/2020) ini, Transjakarta akan menambah armada pada ruas kordior yang terimbas dengan kebijakan tersebut

Read More