Jakarta, MobilKomersial.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).kembali mengoperasikan bus merek Zhong Tong. Beroperasinya bus pabrikan asal Cina ini merupakan solusi kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta yang berimbas membludaknya penumpang Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pengguna bus Transjakarta terus mengalami peningkatan. Dengan dioperasikannya bus Zhongtong diharapkan mampu membantu aktivitas warga.

"Dalam penggunaan transportasi massal selama dua tahun semakin bertambah besar, dengan jumlah penumpang 640.000. Angka ini naik dua kali lipat di tahun 2019," ungkap Anies dikutip Sindonews, Rabu (16/10).

Sebelumnya, bus merek Zhongtong ini sempat tidak beroperasi, lantaran pada tahun 2015, bus Zhongtong ini menjadi objek korupsi.

Baca juga : Transjakarta Operasikan 21 Unit Bus Gandeng

Akhirnya, bus yang terparkir bertahun-tahun itu kini mengaspal di Jakarta melayani koridor 1 TransJakarta Blok M-Kota.

Mengutip laman resmi Zhongtong, bus ini merupakan model Zhongtong 6180GC City Bus (BRT) dengan panjang total 18 meter untuk bus gandengnya.

Dengan dimensi 18 meter tersebut, bus Zhongtong ini mampu mengangkut penumpang total hingga 175 orang. Pintu nya pun dibuat lebar, guna memudahkan akses penumpang keluar-masuk.

Bus yang identik berwarna merah pada Transjakarta ini mempunyai mesin berkapasitas 11.051 cc dengan turbo intercooling dan pendingin air. Tenaga maksimalnya tembus 455 daya kuda dengan torsi maksimal 1.373 Nm.

Simak juga : Empat Operator Transportasi Siap Komitmen Pakai Kendaraan Listrik

Mesinnya dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan hydraulic retarder. Bus ini bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. Namun kecepatan sebesar itu tak dip erlukanntuk penggunaan sebagai bus kota.

Untuk kenyamanan, bus Zhongtong dibekali suspensi udara. Pengereman didukung oleh rem cakram di roda depan, tengah, dan belakang.

Bus Zhongtong yang sekarang sudah beroperasi sejak lama. Bus ini pertama kali tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 2016.

Share :

Ada lagi, Beli Tiket Bus Harapan Jaya Diskon Rp 90 Ribu

Berdasarkan website resmi Harapan Jaya, periode diskon sudah bisa digunakan sejak Jumat, 24 Januari 2020.

Read More
Tanggapan Hino Tentang Busnya Tak Mampu Bertarung di Tol Trans Jawa

Bus pabrikan asal Jepang itu dianggap hanya memiliki kapasitas tenaga yang relatif kecil yakni hanya 7.000-an cc dibanding bus Scania dan Volvo yang memiliki kubikasi mesin hingga 12.000 cc.

Read More
Bus Damri Terguling di Tol Sedyatmo, Jasa Marga Minta Pengemudi Harus Prima

Kecelakan Bus Damri dengan nomor polisi B 7509 PD di Km 21 Jalan Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta membuat kemacetan tidak terhindarkan pada Kamis (23/1/2020) sekitar pukul 05.27 WIB.

Read More