Jakarta, MobilKomersial.com - Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan kabar bus Sudiro Tungga Jaya dengan nopol AE 7034 UP, tersesat di hutan belantara.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (19/10/2019) di Hutan Tunggangan, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur. 

Bus jurusan Ponorogo-Jakarta itu mulai berangkat dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menuju ke Jakarta melalui kaki Gunung Lawu di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Kejadian ini terjadi pada tengah malam sekitar pukul 03.00 WIB. Kru bus menggunakan panduan GPS (Global Positioning System) untuk mencoba melewati jalur alternatif baru. 

Baca juga : PO Sudiro Tungga Jaya Punya Bus Baru Nih, Avante H9 Besutan Karoseri Tentrem

Namun bus justru tersesat dan terjebak di jalanan sempit di hutan Gunung Tunggangan, perbatasan Kecamatan Tirtomoyo dan Jatiroto, Wonogiri. Bus besar tersebut tak bisa berjalan, karena badan jalan terlalu sempit.

Dikutip dari berbagai sumber diantaranya Surya.co.id dan Merdeka.com, Saat itu bodi bus tersangkut dan berada di tengah pepohonan besar di tepi jurang dengan kondisi jalan kecil yang berkelok dan naik turun. 

Foto: Merdeka.com/Arie Sunaryo

Bus yang diketahui dikemudikan oleh Saktiawan Aji Suwanto (38) warga Bogor, Jawa Barat itu awalnya menurunkan seluruh penumpang dari Jakarta ke Ponorogo. Mereka kemudian akan kembali ke Baturetno, Wonogiri. 

Awalnya berjalan normal, namun di tengah perjalanan, bus tersebut tersesat meskipun sudah melalui panduan GPS dan rambu petunjuk arah.

Simak juga : Sudiro Tungga Jaya Sih Eling Kuat Selamet

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo mengatakan, bus itu akan berangkat dari Jatiroto menuju Tirtomoyo, Wonogiri. 

Dikarenakan sopir belum mengetahui medan jalan, dia menggunakan aplikasi maps melalui smartphone sopir. Sopir tersebut kemudian diarahkan melewati jalan melewati bukit tunggangan.

"Menurut keterangan sopir, awalnya, jalan yang ia lalui lebar. Namun setelah sampai di posisi atas bukit sopir tersebut baru sadar bahwa jalan yang dilalui tidak cukup untuk bodi bus," terang Iptu Suwondo.

Menariknya, salah seorang saksi yaitu kru bus mengatakan bahwa ada wanita cantik misterius di samping sopir yang tiba-tiba duduk lalu menghilang.

"Bus sudah bisa dievakuasi, setelah berjalan maju mundur berulang kali hingga enam jam. Pukul 12.30 baru bisa teratasi," ujar Suwondo, Minggu (2/10) dikutip Merdeka.com.

Share :

Penasaran dengan Spion Elektrik Bus Baru PO ANS, Segini Harganya

PO ANS menjadi PO pertama yang memiliki bus dengan spion elektrik

Read More
Bus RoyalTrans Kembali Beroperasi, Calon Penumpang Harus Booking Kursi H-1

Layanan bus premium Royaltrans ini mulai beroperasi pada Selasa, 14 Juli 2020 dan pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Tijeku.

Read More
Bantu Kurangi Kepadatan, Damri Sediakan Bus Bantuan Rute Bogor ke Jakarta

Damri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk melayani Bus Bantuan dari Bogor (Botani Square) menuju Jakarta (Stasiun Juanda & Dukuh Atas)

Read More
honda

Terkini

Terpopuler