Jakarta, MobilKomersial.com - Isuzu membuka selubung kendaraan masa depannya berwujud truk konsep yang inovatif bernama FL IR. 

Truk canggih ini rencananya akan ditampilkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 di Jepang mulai 24 Oktober - 4 November 2019 mendatang.

Pabrikan asal Jepang ini mengatakan bahwa truk ini memiliki teknologi swakemudi atau biasa disebut otonom.

Dilansir dari laman Carscoops, FL IR hadir dengan desain futuristik. Desain fitur FL IR terinspirasi sirip hiu yang dibuat untuk menggambarkan robot perkasa.

Baca juga : Kiat Isuzu Ciptakan Ekosistem Bebas ODOL

Pada bagian depan truk disematkan lampu utama LED kecil, yang menyambung dengan lampu biru memanjang hingga ke belakang.

Fasia besar didominasi panel biru gelap dan bingkai perak dengan lencana besar tulisan Isuzu.

Sedikit ke atasnya, bisa ditemukan windscreen. Uniknya, kaca spion ditiadakan, berganti dengan kamera untuk memberikan visibilitas lebih baik.

Isuzu menerangkan, FL IR memiliki teknologi otonom yang mampu membuat formasi berbaris saat sedang dioperasikan.

Teknologinya terinspirasi dengan pergerakan hewan laut yang menggunakan gelombang suara ultrasonik dengan formasi berenang unik. 

Teknologi otonom ini dilengkapi dengan sistem konektivitas, sehingga truk FL IR bisa saling berkoordinasi selama perjalanan.

Simak juga : Isuzu D-Max Generasi Ketiga Bakal Meluncur di Thailand

Di dunia angkutan truk, sistem ini menghubungkan dua atau lebih truk dalam konvoi menggunakan teknologi tersebut.

Saat di perjalanan, truk FL IR bertindak sebagai pemimpin rombongan dan kendaraan di belakangnya dengan cepat bereaksi serta beradaptasi mengikuti pergerakan. 

Sayangnya, teknologi ini belum diluncurkan kepada publik. Banyak pabrikan truk masih menguji dan mengembangkan teknologi ini untuk beberapa tahun mendatang.

Mengenai spesifikasi, Isuzu pun masih belum mau mengungkapkan secara detail truk FL IR. Disinyalir itu akan dibuka  dalam pembukaan Tokyo Motor Show 2019.

Share :

Euro4 Mundur ke Tahun 2022, Isuzu Patuhi Kebijakan Pemerintah Indonesia

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mencoba memetakan perubahan signifikan terkait regulasi pemerintah yang mempengaruhi bisnis di segmen kendaraan komersial.

Read More
Menhan Prabowo Jajal Maung, Mobil Taktis 4x4 Buatan Pindad

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mencoba secara langsung performa kendaraan taktis 4x4 terbaru PT Pindad (Persero)

Read More
Hyundai Ekspor Truk Fuel Cell ke Eropa, Perdana 10 Unit ke Swiss

Hyundai XCIENT didukung oleh sistem sel bahan bakar hidrogen 190 kW dengan tumpukan sel bahan bakar 95-kW ganda.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler