Jakarta, MobilKomersial.com - Bagi Anda yang sering melakukan road trip atau touring jarak jauh biasanya sedikit khawatir dengan penggunaan bahan bakar mobil Anda.

Dengan konsumsi yang banyak, tentu juga akan berpenagruh terhadap ongkos yang akan dieklaurkan untuk membeli bahan bakar selama road trip.

Nah, untuk bisa menghemat bahan bakar, ada beberapa tips khusus dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agar bisa melakukan Eco Drive.

Ini juga sebagai langkah mengedukasi pengemudi mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan kadar emisi untuk kendaraan yang telah beredar.

"Suzuki ingin mengajak para pemilik mobil untuk mengadopsi metode Eco Driving. Harapannya adalah dapat mengurangi ketergantungan pelanggan terhadap bahan bakar tidak terbarukan melalui peningkatan efisiensi energi," ucap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS. 

Baca juga : Bahan Bakar Boros? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya

Untuk itu, Suzuki berbagi tips dan trik tentang Eco Driving mengenai cara berkendara yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan. 

Metode berkendara ini terdiri dari 10 kebiasaan penting yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Akselerasi Perlahan

Dengan akselerasi yang lebih perlahan (akselerasi 20 km/jam selama 5 detik saat mulai melaju), akan mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11%.

2. Mengemudi dengan Sedikit Akselerasi dan Deselerasi

Mengemudi dengan kecepatan yang tetap (konstan) dengan jarak yang cukup dan kecepatan yang aman berdasarkan pada keadaan lalu lintas antar mobil.

3. Melepas / Tidak Menekan Pedal Akselerator

Gunakan engine brake secara positif. Dengan menggunakan engine brake, mesin akan menghentikan supply bahan bakar dan penggunaan bahan bakar menurun sekitar 2%.

4. Kurangi Penggunaan AC

Mencegah suhu yang terlalu dingin dalam ruang kabin. Jika kita menggunakan AC dengan suhu 25°C, maka akan meningkatkan penggunaan bahan bakar sekitar 12%.

5. Stop Idling

Jangan biarkan mesin menyala dengan kondisi idle dalam waktu yang lama. Mobil menggunakan sekitar 130cc bahan bakar ketika mesin idling selama 10 menit (kondisi netral dengan AC dalam keadaan mati).

Simak juga : Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

6. Memanaskan Mesin dengan Tepat 

Berkendara segera setelah mesin dihidupkan atau memanaskan mesin terlalu lama akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin kurang lebih sekitar 3 menit atau ketika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak. Mobil menggunakan bahan bakar sekitar 160cc saat mesin dipanaskan.

7. Pantau Informasi Lalu Lintas 

Ketika berkendara dalam perjalanan yang ditempuh selama 1 jam, dan kita kehilangan waktu mengemudi selama 10 menit karena macet atau hal lainnya, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat  sekitar 14%.

8. Cek Tekanan Udara Ban

Jika tekanan udara ban berkurang 50 kPa (0.5 kg/cm2) dari tekanan normal, akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 2%-4%.

9. Jangan Membawa Barang yang Tidak Diperlukan

Ketika berkendara dengan membawa barang yang beratnya sekitar 100kg, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3%.

10. Perhatikan Area Parkir

Hindari parkir illegal untuk mencegah kemacetan. Parkir tidak pada tempatnya dapat mengganggu kelancaran berkendara dan menyebabkan kecepatan arus lalu lintas berkurang. Jika kecepatan berubah dari 40 km/jam menjadi 20 km/jam, akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 31%.

Share :

Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Blind spot sendiri merupakan area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain pada saat berkendara,

Read More
Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Hydroplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan roda empat melayang di atas permukaan jalan karena tidak mampu menepis genangan air

Read More
Ingat Langkah Perawatan Ini Agar Performa Truk Damkar Tetap Bertenaga

Truk memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga agar komponen mesin dan bagian lainnya tetap bekerja optimal.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler