Jakarta, MobilKomersial.com - Dua pabrikan asal Jepang, Isuzu Motors Ltd dan Honda Motor Co, telah sepakat untuk berkolaborasi. Mereka rencananya akan bersama-sama meneliti penggunaan sel bahan bakar hidrogen untuk truk heavy-duty.

Dikutip dari Japan Times, perjanjian ini sendiri disepakati dalam dua tahun. Isuzu akan menguji penggerak sel bahan bakar hidrogen yang sudah dimiliki Honda, untuk digunakan truk komersial milik Isuzu.

Kolaborasi ini sendiri diharapkan dapat membuka jalan untuk menggunakan teknologi dalam berbagai jenis kendaraan dari dua pabrikan tersebut, secara lebih luas.

Baca juga: Isuzu Motors Siap Ambil Alih UD Trucks

Seperti diketahui sebelumnya, Honda memang sudah punya mobil bertenaga hidrogen, yakni Honda Clarity. Namun, teknologi itu baru menyasar kendaraan penumpang yang ukurannya lebih kecil.

Kolaborasi ini diharapkan bisa menguji teknologi ramah lingkungan tersebut di kendaraan yang lebih berat.  

Dilansir dari Reuters, pihak Honda dan Isuzu setuju bahwa teknologi kendaraan dengan bahan bakar hidrogen sangat cocok untuk truk yang lebih berat, dan mampu menempuh jarak lebih jauh.

Baca juga:Isuzu Traga Resmi Diekspor Perdana ke Filipina

"Meski kami telah melakukan R&D pada kendaraan dengan bahan bakar hidrogen, tapi penelitian tersebut masih dalam tahap kendaraan penumpang, kami belum dapat mempelajari cara terbaik untuk menerapkan teknologi ini pada kendaraan komersial. Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk melakukan itu," menurut seorang juru bicara Honda.

Untuk diketahui, kendaraan sel bahan bakar mengandalkan tenaga dari hidrogen. Kendaraan jenis ini menghasilkan listrik sendiri menggunakan hidrogen, yang disimpan di dalam tangki dan tidak menimbulkan polusi.

Selain itu kendaraan jenis ini lebih senyap dan juga tiga kali lebih efisien daripada mesin dengan bahan bakar konvensional.

Hal ini memungkinkan kendaraan hidrogen untuk menempuh jarak yang lebih jauh dan mengisi bahan bakar lebih cepat daripada kendaraan listrik yang biasanya dicas semalaman, dan memiliki resiko kehabisan daya di tengah perjalanan.

Share :

Shaman, Truk Monster Berpenggerak 8x8 Asal Rusia Kini Berbalut Ambulans

Berlabel Shaman-M ATV, ambulans ini dirancang untuk bisa dibawa ke mana saja dan siap terjun ke medan manapun.

Read More
Kenalan dengan Shockwave, Truk Tercepat Bermesin Jet

Truk ini didukung dengan tiga mesin jet sebagai penggeraknya, hingga bisa dipacu lebih cepat dari kereta peluru di Jepang

Read More
Daimler Siap Produksi Truk Listrik eActros Tahun Depan

Perusahaan otomotif, Daimler rencananya akan memproduksi truk bertenaga listrik Mercedes-Benz eActros di pabrik Worth, Jerman pada 2021 mendatang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler