Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai 'mengendur' terkait upaya pemberantasan truk over dimension dan over loading (ODOL).

Kemenhub memutuskan truk obesitas atau truk ODOL akan diberantas secara tuntas pada tahun 2022.

Keputusan itu mundur setahun, di mana yang tadinya akan diterapkan pada 2021, kali ini mundur selama 1 tahun menjadi 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa secara umum pihaknya mempersiapkan dua langkah, yakni preventif dan represif dalam memberantas ODOL.

"Saat ini kami sudah menekankan untuk mengawasi dan melaksanakan penegakan hukum secara tegas terhadap pelanggar," ujarnya dalam siaran resminya, Rabu (19/2/2020).

Budi Setiyadi menambahkan, untuk menjalankannya, ia melakukan koordinasi dengan para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] di masing-masing daerah untuk melaksanakan beberapa kegiatan baik preventif maupun represif untuk memperkuat penanganan ODOL.

"Tindakan preventif akan dilakukan bertahap mulai dari hulu hingga ke hilir. Selain itu, juga telah mengundang diler kendaraan truk untuk tidak membuat rancang bangun truk serta memperjual-belikan kepada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuannya," imbuhnya.

Pihaknya akan melakukan pengecekan secara langsung ke diler atau tempat-tempat penjualan truk untuk mengawasi dimensi yang tidak sesuai dengan rancang bangunnya.

Pembinaan kepada para karoseri maupun operator kendaraan truk juga dilakukan.

Budi menjelaskan tindakan represif juga disiapkan jika ditemukan pelanggar yang masih membandel.

Karoseri atau diler yang membuat atau menjual truk yang tidak sesuai ketentuan akan dikenakan Pasal 277 Undang-Undang No. 22/2009.

"Pihak kepolisian juga akan dilibatkan agar bisa diberikan tindakan secara hukum," tuturnya.

Share :

Ini Spesifikasi Truk Super Speed Fuso FM 517 HL

Truk Fuso FM 517 HL biasanya memiliki empat jenis karoseri yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu Motor Carrier, Box Besi, Bak Kayu, dan Tangki.

Read More
Melihat Spesifikasi Truk Water Canon, yang Kini Digunakan untuk Menyemprot Disinfektan

Sesuai dengan kemampuannya untuk menyemburkan air dengan kekuatan tinggi, water cannon juga dimanfaatkan untuk menyemprot disinfektan agar seluruh sisi jalan dapat terjangkau.

Read More
Jangan Khawatir, Tetap Bisa Service Truk Isuzu Meskipun di Rumah Saja

Sebagai bentuk dukungan pada kampanye #dirumahaja, Isuzu mengerahkan 136 armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di seluruh Indonesia untuk terus beroperasi dalam membantu pelanggan Isuzu.

Read More