Jakarta, MobilKomersial.com - Sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen yang menggunakan pelayanan SPBU mandiri (self service), serta memberikan kenyamanan dan keamanan dari terpaparnya virus Covid-19, Pertamina melalui program tanggung jawab sosialnya membantu penyediaan hand sanitizer isi ulang.

Fasilitas tersebut  diletakkan pada area pulau pompa, ataupun di kasir transaksi self-service dan berada di 15 SPBU yang memiliki layanan mandiri, di wilayah Marketing Operation Region (MOR) III yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Bogor, dan Depok.

Pengisian BBM di SPBU self-service disebut relatif cukup mudah dan menghemat waktu. Di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok, SPBU self service lebih banyak diberikan untuk kendaraan roda dua. 

Setelah melakukan transaksi melalui kasir, konsumen bisa langsung menuju ke nozzle yang telah tertera dalam struck pembelian untuk selanjutnya mengisikan BBM secara mandiri. 

Baca juga : Tenang, Lagi Work From Home Masih Bisa Pesan BBM dan LPG Lewat Telepon

Melihat alur proses pengisian self-service tersebut, Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami lewat siaran persnya mengatakan, hand sanitizer disiagakan di setiap pulau pompa SPBU self service, sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen akan penyebaran virus COVID-19 dari benda-benda yang paling sering di sentuh seperti nozzle. 

“Maka kami selalu melakukan pembersihan nozzle secara berkala menggunakan disinfektan, dan menyediakan hand sanitizer untuk dapat digunakan konsumen tepat setelah melakukan pengisian bahan bakar,” jelas Dewi.

Selain itu dia juga menjelaskan, penyerahan hand sanitizer ke SPBU di wilayah-wilayah MOR III ini dilakukan bertahap hingga pekan depan. Dan diutamakan tersedia di titik-titik yang paling ramai terlebih dahulu. Contohnya di SPBU 34.105.06 di Galur, Jakarta Pusat dengan rata-rata harian 1000 konsumen pengendara roda dua. Hal tersebut dikarenakan cukup sulit mendapatkan produk hand sanitizer di pasaran.

"Selain melalui program CSR, pengadaan secara mandiri juga dilakukan di SPBU Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek juga sudah tersedia. Begitu pula SPBU self-service di wilayah Bandung, Jawa Barat. Kami saling support baik pengusaha dan Pertamina bersama-sama mengantisipasi dengan langkah yang tercepat,” jelasnya.

Jangan lewatkan : Siaga Covid-19, Ini Cara Pertamina Cegah Sebaran Virus di SPBU

Lebih lanjut Dewi menambahkan, sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Covid-19, Pertamina juga telah menerapkan aturan baru di area SPBU demi pelayanan BBM agar tetap berjalan normal, dan masyarakat tetap merasa aman dan nyaman ketika membeli BBM di SPBU Pertamina.

“SPBU menjadi tempat publik berlalu lalang. Kami sudah menerapkan prosedur tambahan, seperti penggunaan masker dan sarung tangan bagi operator SPBU, untuk juga menjaga garda terdepan penyaluran energi kami ini,” tambah Dewi.

Agus, salah seorang warga Kecamatan Senen, Jakarta Pusat yang ditemui MobilKomersial.com menceritakan bahwa selalu melakukan pengisian bahan bakar mandiri di SPBU Galur. Dirinya merespon positif langkah Pertamina dalam memperhatikan kebersihan dan keselamatan konsumen.

“Ya sangat bagus karena disediakan hand sanitizer. Saat kita akan isi bensin, petugas kasir memberikan hand sanitizer. Dituangkan oleh petugasnya. Ada juga yang memberikan setelah selesai isi. Kami konsumen harapannya segera normal kembali, biar yang tugas dan konsumen lebih tenang,” pungkas Agus.

 

(Denny)

Share :

Gandeng OMB Saleri, Bosch Siap Produksi Komponen Sistem Tangki Hidrogen Kendaraan

Bosch dan OMB Saleri berharap bahwa kemitraan yang mereka lakukan sekarang untuk komponen sistem pengisian bahan bakar hidrogen akan memperluas posisi pasar mereka di sektor hidrogen.

Read More
Raih Indonesia Best Brand Award, Presiden Bridgestone: Kado Terbaik di Tahun 2021

Penghargaan kepada Bridgestone sebagai Indonesia Best Brand Award adalah kado terbaik buat kami untuk menutup tahun 2021.

Read More
Stop Produksi Karimun Wagon R, Suzuki Fokus Kembangkan Kendaraan Hybrid

Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan perusahaan mengalihkan prioritasnya. Sehingga dengan adanya kendaraan elektrifikasi akan berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki,

Read More
honda

Terkini

Terpopuler