Jakarta, MobilKomersial.com - PT United Tractors, distributor resmi bus dan truk Scania di Indonesia, berencana menguji coba bus listrik untuk digunakan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Hal itu diungkapkan, Direktur PT United Tractors Tbk, Loudy Irwanto Ellias, beberapa waktu lalu. Menurutnya, kerjasama dengan Transjakarta akan uji coba operasionalkan bus listrik buatan Swedia ini.

"Kami telah bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dan Transjakarta untuk mempersiapkan bus listrik. Kemungkinan kerjasama tersebut akan berlanjut sampai tahun depan," ujar Loudy.

Loudy menjelaskan, bus listrik miliknya tidak menggunakan metode pengisian denga waktu semalaman. Teknologi yang digunakan adalah sistem opportunity charging, bukan overnight charging.

Baca juga : Susul Daimler, Scania Hentikan Produksi di Eropa Efek Wabah Covid-19

Adapun sistem opportunity charging adalah sistem pengisian daya yang berada di sejumlah titik jalur Transjakarta atau halte. Singkatnya, ketika bus berhenti untuk memuat atau menurunkan penumpang, baterai akan mengisi ulang secara otomatis.

Loudy menambahkan, opportunity charging ini memiliki keuntungan tersendiri. "Pertama ialah ukuran baterai yang cenderung ringkas sehingga tidak mengurangi volume kabin bus Transjakarta," terangnya.

Hanya saja, kata dia, posisi socket-charger untuk opportunity charging berada di atap bus. Karena itu, mereka berharap pemerintah dan PT Transjakarta bisa menyiapkan infrastruktur tersebut.

"Saya nggak ngerti apakah nantinya TransJakarta atau Pemda DKI harus menyiapkan infrastruktur. Jadi yang dimaksud opportunity charging adalah charging dari bus tersebut akan melakukan stop and go di beberapa halte-halte," paparnya.

Namun, Loudy belum merinci produk apa yang bakal dibawa ke Tanah Air. Ia memastikan bahwa akan segera membawa produknya usai Transjakarta menyiapkan fasilitas charging.

"Produknya Scania electric bus, high deck, sudah pernah dioperasikan di Swedia," tutup Loudy.

Share :

Hyundai Luncurkan Minibus Listrik, Baterainya Bisa Tempuh 250 Kilometer

Hyundai Motor Company memperkenalkan County Electric untuk pasar Korea

Read More
Hari Ini TransJakarta Kembali Operasikan 107 Rute Tambahan, Berikut Daftarnya

Mulai tanggal 1 juli 2020, TransJakarta kembali mengoperasikan 107 rute yang sempat dihentikan karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Read More
Damri Kembali Sesuaikan Harga Tiket Bus Bandara Soetta, Ini Tarif dan Rutenya

Perum Damri akan kembali melakukan penyesuaian tarif operasional baru untuk bus Bandara Soekarno-Hatta.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler