Jakarta, MobilKomersial.com - Pandemi covid-19 memukul berbagai sektor industri di dunia, salah satunya industri otomotif. Diprediksi, penjualan mobil baru secara global pada tahun 2020 anjlok.

Dilansir dari IHS Markit, diperkirakan penjualan mobil secara global pada tahun 2020 hanya sebanyak 78,8 juta unit. Angka itu turun sekitar 10 juta unit dari penjualan mobil 2019 secara global yang mencapai 89 juta unit.

Selain itu, industri otomotif global diperkirakan akan mengalami penghentian permintaan mobil baru, disebabkan oleh pandemi covid-19 yang menyerang seluruh dunia. Penjualan mobil secara global diperkirakan turun lebih dari 12% dibanding pencapaian 2019.

Menurut IHS Markit, pandemi covid-19 ini menjadi rekor penurunan penjualan terburuk sejak resesi global pada 2008/2009 yang saat itu penurunan penjualan kendaraan hanya 8%.

"Secara global, kami memproyeksikan pengurangan tajam dalam pertumbuhan jangka pendek diikuti oleh pemulihan yang lambat. Prospek pasar beragam, dengan munculnya secercah harapan bagi China, meskipun rentan terhadap risiko virus itu membara dalam beberapa bulan mendatang. Tindakan pemerintah adalah kunci untuk mengendalikan virus dan menyediakan paket dukungan dan stimulus untuk membantu ekonomi melalui proses penyembuhan," tulis IHS Markit dalam pernyataannya.

Baca juga : Mudik dengan Kendaraan Pribadi, Jumlah Penumpang akan Dibatasi

Di Indonesia, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah mengoreksi target penjualan mobil tahun ini. Target penjualan mobil yang semula bisa mencapai 1,1 juta unit tahun ini dikoreksi hingga hanya 600.000 unit saja.

Jika Gaikindo menargetkan penjualan mobil sebanyak 600.000 unit, itu artinya penjualan mobil tahun 2020 bakal menyentuh angka terendah dalam 10 tahun terakhir. 

Penjualan otomotif di Indonesia sendiri berhasil mencapai angka sekitar 1 juta unit mulai tahun 2012 hingga 2019. Sedangkan target penjualan mobil 2020 hanya 600.000 unit, bahkan lebih rendah daripada pencapaian penjualan kendaraan pada 2010 yang mencapai 731.292 unit.

 

(Denny)

Share :

Jelang New Normal, Korlantas Polri Ajak Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan Saat Berkendara

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M. H melakukan pemantauan di Pos Pengamanan Penyekatan KM 47 Tol Cikampek arah Jakarta pada Kamis

Read More
Kemenhub Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Potensi Puncak Arus Balik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi adanya potensi lonjakan arus balik pada masa pasca Idul Fitri 1441 H yang diprediksi terjadi antara tanggal 30 Mei 2020 s.d 1 Juni 2020.

Read More
Ikuti Kebijakan New Normal, Begini Aturan Saat Naik Ojek Online

Mengikuti kebijakan itu, pengemudi ojek online (ojol) seperti Grab dan Gojek turut mempersiapkan diri untuk memasuki era new normal yang akan dipakai bagi driver ketika membawa penumpang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler