Jakarta, MobilKomersial.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sebelumnya meminta industri otomotif untuk membantu pengembangan ventilator atau alat bantu pernapasan untuk pasien covid-19.

Dilansir dari siaran persnya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai perusahaan yang memproduksi mobil Toyota di Indonesia menyebutkan akan berpartisipasi dalam mengembangkan alat bantu pernapasan atau ventilator. 

Pengembangan ini dilakukan bersama perusahaan lokal, akademisi, dan para pemangku kepentingan lainnya di bawah arahan Kementerian Perindustrian RI.

Di saat yang sulit ini, ketika masyarakat Indonesia bersama-sama berjuang melawan penyebaran covid-19 dan di mana banyak Industri Kecil Menengah (IKM) lokal yang terkena dampak pandemi ini, pihaknya siap untuk turut ambil bagian dalam memberikan dukungan penuh pada salah satu IKM lokal yang memiliki kemampuan teknikal dan rekam jejak manufaktur yang sangat baik.

“Sehingga nantinya kami dapat mengembangkan prototipe ventilator dan ke depannya diharapkan dapat melakukan produksi di dalam negeri," tulis TMMIN.

Baca juga : Toyota Hadirkan Program Khusus Untuk Tenaga Medis

Menurut Direktur Administrasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam juga menyebut, pihaknya memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan atau produksi alat kesehatan tersebut.

"Dukungan yang kami berikan berupa transfer pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan manufaktur yang efisien dengan harapan dapat membantu mempercepat pengembangan ventilator tersebut," ujar Bob.

Rencananya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bermitra dengan PT Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI) yang berperan sebagai project integrator, prototyping, dan hardware developer bersama dengan pemasok komponennya untuk memenuhi kebutuhan rantai pasok bahan baku.

Saat ini, kolaborasi yang disebut 'Tim Jogja' tersebut sedang dalam tahap pengembangan prototype yang diharapkan siap minggu depan. 

Nantinya tim tersebut akan melakukan pengujian dan evaluasi, pertama kali akan dilakukan dengan alat uji dan kalibrasi ventilator dukungan dari Kemenperin.

 

(Denny)

Share :

Hino Selenggarakan Pelatihan Mengemudi dan Mekanik Secara Online

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) juga selenggarakan pelatihan customer secara online.

Read More
Peduli Keselamatan Berlalu Lintas,  Hino Kembali Selenggarakan Seminar Online Bersama KNKT

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar seminar online bertajuk “Hino Peduli Keselamatan Berlalu Lintas”.

Read More
Gandeng KNKT, Hino Adakan Seminar Nasional Peduli Keselamatan Berlalu lintas

Acara ini digelar guna memberikan informasi keselamatan dan keamanan dalam berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler