Jakarta, MobilKomersial.com – Pernah gak sih ngerasa rem ngempos atau blong? Sudah cek minyak remnya?. Rem merupakan hal yang penting untuk sebuah kendaraan. Salah pilih minyak rem bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Nah, untuk minyak rem sendiri memiliki beberapa tipe, yakni DOT 3, DOT 4, DOT 5 dan DOT 5.1.  Untuk DOT 3 dan DOT 4 berbahan dasar glycol dan DOT 5 berbahan dasar silicone. Glycol itu bermacam-macam, ada dietylin glycol (dua etylin glycol) dan glycol.

Salah satu karakter penting pada minyak rem adalah titik didihnya. Arief Hidayat, Pemerhati Otomotif dan CEO PT Wealthy Group menjelaskan, “Angka DOT berhubungan dengan titik didih minyak rem. Masing-masing mempunyai titik didih yang berbeda.”

Baca juga : Jangan Asal Pakai Minyak Rem, Kenali Kandungannya Terlebih Dahulu 

"Misal DOT 3 memiliki titik didih 205 derajat Celcius. DOT 4, 230 derajat Celcius. DOT 5, 260 derajat Celcius dan DOT 5.1, 270 derajat Celcius. Untuk DOT 5 kurang diminati karena mengandung silicon yang membuat temperatur tidak terlalu stabil," tuturnya kepada MobilKomersial.com.

DOT 5 yang memiliki bahan dasar silicone dapat menghancurkan seal pada system rem, selain itu juga tidak menyerap air. Ini berarti titik didih dari minyak ini tidak stabil, dan dapat menyebabkan korosi dan macet pada rem.

“Sekarang kan ada DOT 5 pakai material nya tidak populer karena silicon secara tidak langsung temperatur tidak terlalu bisa stabil, untuk menghadapi temperatur rendah itu yang mereka punya kendala, nah makanya sekarang diperkenalkan lagi DOT 5.1 kan, karena DOT 5 tidak berjalan." tutup Arief.

Nah, sebelum pilih minyak rem, lebih baik sesuaikan dulu dengan kendaraan Anda, jangan salah pakai tipe atau dicampur ya, karena berbahaya..

 

Share :

Jaga Mesin pada Efisiensi Terbaik, Begini Cara Tepat Bersihkan Mass Air Flow Sensor

Untuk cara membersihkan air flow sensor cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak. Alat yang dibutuhkan pun cuma obeng dan cairan pembersih khusus untuk air flow sensor. Ingat, cairan yang digunakan khusus untuk air flow.

Read More
Wealthy Paint Protection Film Jamin Lindungi Cat Mobil Hingga 5 Tahun Lebih

Dengan menggunakan PPF, selain aman dari goresan benda tajam atau krikil, juga mampu melindungi cat mobil dari paparan sinar ultra violet sehingga bisa mempertahankan warna cat mobil dari pemudaran.

Read More
Tak Hanya Bikin Kuping Adem, Masa Pakai Klakson Ini Bisa Tahan 1,5 Kali Lipat

Klakson Wealthy Black Diamond ini dirancang memiliki suara indah dan nyaman di kuping. Salah satu teknologi yang membuat suara klakson ini nyaman didengar karena dibuat arah desain keluaran suara termasuk menentukan arah rambatan suara.

Read More