Jakarta, MobilKomersial.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, membuat masyarakat sempat berada di rumah saja selama beberapa bulan, dan benar-benar menghentikan aktivitasnya.

Hal tersebut tentunya membuat Agen Pemegang Merek (APM) membuat terobosan seperti home service, agar dapat membantu pelanggan merawat mobilnya, meski tetap berada di rumah saja.

Tak ketinggalan, PT Suzuki Indomobil Sales sebagai APM Suzuki di Indonesia juga turut menyediakan layanan home service, baik untuk kendaraan komersial maupun kendaraan penumpang.

Bahkan, pihak Suzuki mengakui, layanan home service yang disediakannya selama pandemi justru sangat diminati konsumen. 

Spareparts Departement Head PT Suzuki Indomobil Motor, Christina Yuwantie menjelaskan, mulai dari bulan April hingga Mei 2020, terjadi peningkatan home service cukup tinggi yang banyak di request customer melalui Halo Suzuki, dan ada juga yang langsung datang ke diler.

“Terjadi peningkatan, tetapi memang home service tidak bisa dilakukan secara normal, karena ada zona merah, untuk itu kami menambahkan pickup service agar kami mengambil mobilnya untuk dibawa ke diler,” ujar Christina.

Dirinya juga menyebut, selama terjadinya peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan home zervice, terjadi pula peningkatan permintaan spare part Suzuki. Permintaan tersebut berasal dari online maupun offline.

“Tentunya saat permintaan home service terjadi peningkatan, permintaan spare part juga meningkat signifikan. Demand retail spare part sendiri didominasi fast moving item, sekitar 60 sampai 70 persen peningkatannya,” tutur Christina.

Untuk urusan stok spare part, pihaknya mengaku beruntung karena selama pandemi hingga bulan Juli ini, stok spare part Suzuki melimpah.

Dirinya menjelaskan, hal tersebut dikarenakan Suzuki sudah menyiapkan stock untuk high season sejak bulan Januari lalu.

“Pandemi ini terjadi bulan Maret, sementara stok high season di lebaran sudah kami siapkan sejak bulan Januari, sehingga kita stok berlebih sesuai record demand kita tiga bulan sebelumnya, jadi saat Mei hingga Juni kita kebanjiran stok karena sempat tertahan pandemi, tapi bulan Juni sudah bisa terjual kembali,” papar Christina.

Meskipun demikian, dirinya juga mengaku sempat khawatir, karena beberapa vendor dari Tiongkok tidak bisa dikirim karena lockdown. Beruntung pihaknya sudah menyediakan stok sebelumnya.

“Memang kami sempat merasa khawatir, tapi untungnya untuk supply lokal vendor dan impor spare part Suzuki aman,” tukasnya.

 

(Denny)

Share :

Masih Sedikit yang Tahu, Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dengan Pajero Sport

Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport bukan nama hal yang asing bagi masyarakat Indonesia, keduanya popular sebagai model SUV tangguh.

Read More
Bocoran Mitsubishi Triton Edisi Terbaru, Siap Mengaspal 2022?

New Triton sendiri akan mendapat pembaruan pada 2022 sebagai strategi pasar di fase II Mitsubishi yang akan fokus di pasar Asean.

Read More
Honda Siap Berlaga di Seri Balap Ganda Dalam Dua Pekan Kedepan

Honda telah bersiap untuk berlaga pada seri balap ganda F1 Grand Prix musim 2020 seri keempat dan seri kelima yang akan berlangsung di sirkuit Silverstone, Inggris yang sudah berdiri sejak tahun 1950.

Read More