Jakarta, MobilKomersial.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, terus berupaya menyediakan transportasi massal yang aman dan nyaman bagi masyarakat Ibu Kota.

Langkah ini dibuktikan dengan memperkenalkan dua armada baru Mikrotrans Jak Lingko yakni Toyota HiAce dan Suzuki Carry untuk angkutan kota (angkot) di wilayah DKI Jakarta.

Dishub DKI Jakarta menamakan kendaraan ini dengan sebutan Mobil Bus Kecil Mikrotrans Jak Lingko dan diperkenalkan kepada perwakilan dan operator Jak Lingko Bus Kecil pada Selasa, 28 Juli 2020 kemarin.

Sesuai fungsinya, mobil ini didesain khusus untuk transportasi umum di perkotaan, namun ada beberapa perbedaan dengan angkot pada umumnya.

Baca juga : Mikrotrans Jak Lingko Kembali Seliweran di Ibu Kota, Intip Spesifikasinya

HiAce Jak Lingko ini disematkan pintu geser dengan sistem elektrik sehingga memberikan kemudahan bagi penumpang yang akan naik dan turun.

Dilihat dari tampilan luarnya, tidak ada yang berbeda dengan tampang HiAce biasanya, namun ada tambahan corak kelir warna putih kombinasi biru, biru muda dan hijau muda serta tulisan Jak Lingko.

Pada bagian atapnya, mobil yang produksi PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga sudah dipasang plang dengan tulisan berjalan layar LED berukuran cukup besar.

Pada bagian dalam kabin, HiAce ini didesain layaknya angkutan umum dengan jumlah kursi yang saling berhadapan berjumlah 13 buah. 

Menariknya, di batas antara bangku penumpang dan sopir terdapat layar LCD yang berisikan informasi dan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas AC.

Simak juga : Armada Damri Bandara YIA Pakai Mercy Sprinter dan Toyota HiAce

Melongok mesinnya, Hiace Microbus karoserinya dikembangkan dengan menggunakan New Hiace 2.5 sebagai basisnya dengan menggendong mesin 2.494cc 2KD-FTV Turbocharged yang mampu menyemburkan tenaga 102 PS.

Sebelumnya, Toyota HiAce ini sudah melantai di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) pada awal Maret 2020 lalu. 

"Adanya kebutuhan pasar telah mendorong kami melengkapi pilihan line-up kendaran niaga Toyota dengan berbagai varian dan konversinya. Kelebihannya adalah sebagai solusi mobilitas terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas usaha yang melebihi harapan penggunanya," ujar Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resminya.

Share :

Biaya Purna Jual DFSK Glory 560 Tidak Sampai Rp 6 Juta untuk 3 Tahun

PT Sokonindo Automobile memberikan sebuah pelayanan lengkap termasuk layanan purna jual bagi konsumen DFSK GLory 560.

Read More
New Toyota GR Supra Mengaspal di Indonesia, Punya Tenaga Lebih Besar

PT Toyota–Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran pada New GR Supra menjadi jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty.

Read More
BMW Z4 GT3 sebagai Official Car Kejuaraan Sim Racing BDR

Kejuaraan simulator BDR ini sendiri memiliki konsep untuk mempertemukan pembalap simulator (Sim Racer) berkompetisi dengan pembalap profesional.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler