Jakarta, MobilKomersial.com - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) sepanjang semester I tahun 2020 turut mengalami penurunan kinerja yang cukup signifikan seiring dengan turunnya kinerja industri otomotif di 2020.

Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance menerangkan, secara keseluruhan total pembiayaan baru perusahannya sepanjang Semester I-2020 turun sebesar 47% y/y menjadi Rp 10,1 triliun.

"Ini disebabkan lesunya daya beli masyarakat, dan penerapan PSBB dimana sebagian besar aktivitas ekonomi diberhentikan sehingga berdampak pada pada pembiayaan mobil dan motor," ujar Hafid, Selasa (4/8).

Jika dirincikan, total penjualan segmen sepeda motor dan mobil masing-masing mengalami penurunan menjadi Rp 4,7 triliun dan Rp 3,6 triliun di 1H20. "Sementara, segmen non-automotive tercatat sebesar Rp 1,8 triliun," lanjut Hafid.

Baca juga : Terapkan Aksi Berjuang Bersama Sahabat, Adira Finance Bagikan Paket Sembako ke 5 Wilayah

Untuk masing-masing segmen, pembiayaan mobil baru di semester pertama 2020 mencapai Rp 2,2 triliun, turun 51 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Sedangkan segmen mobil baru komersial tercatat mengalami penurunan sebesar 47 persen menjadi Rp 1,1 triliun

Sementara segmen mobil baru penumpang juga mengalami penurunan, yakni sebanyak 53 persen menjadi Rp 1,1 triliun.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 memang telah menjadi krisis kesehatan global, di mana di berbagai negara memberlakukan kebijakan restriction mobility dan social distancing guna memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Dalam hal ini, adanya pembatasan mobilitas mengakibatkan terganggunya kegiatan ekonomi global dan domestik, akibatnya ekonomi global mengalami kontraksi yang cukup dalam di 2020.

Akibat terganggunya kegiatan ekonomi yang disebabkan oleh dampak dari pandemi Covid-19, industri otomotif mengalami penurunan tajam yang terlihat dari penurunan penjualan mobil baru ritel domestik sebesar 42% y/y, mencapai 291 ribu unit di 6M2020.

Simak juga : Adira Finance Syariah Kini Hadir Menjangkau Lebih Luas

Sementara itu, penjualan sepeda motor baru ritel domestik tercatat sebesar 2,0 juta unit, menurun sebesar 36% y/y pada semester I-2020. 

Dengan kondisi itu, sekitar 67 persen dari bisnis Adira Finance itu menyangkut pembiayaan baru kendaraan baik motor dan mobil yang berdampak signifikan pada penjualan.

Penjualan secara ritel ini mengacu pada penjualan yang dilakukan dari diler ke pelanggan, dimana mencerminkan bisnis perusahaan multifinance dalam menyediakan pembiayaan, dalam segmen ritel ini.

Sedangkan penjualan wholesales mengacu kepada penjualan dari manufaktur ke diler.

Share :

Jelang Balap F1 Rusia, Tim Honda Latihan Optimalkan Performa

Balap F1 tahun ini tengah libur beberapa pekan, setelah diselenggarakan hampir di setiap minggu, di mana terakhir digelar di Mugello Italia.

Read More
Waspada Macet, 4 Titik di Tol Jakarta-Cikampek Akan Diperbaiki Besok

Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) akan kembali melakukan rekonstruksi rigid pavement pada ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Read More
Rayakan HUT 50 Tahun, Begini Ungkapan Para Brand Ambassador Mitsubishi Motors

MMC menyebutkan bahwa, tantangan tidak berhenti di tahun ke-50, namun untuk menuju 100 tahun berikutnya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler