Jakarta, MobilKomersial.com - Hayoo, tahu tidak fungsi air radiator coolant pada mobil? Pada umumnya rata-rata masih banyak orang yang belum mengerti kegunaan air radiator coolant. 

Ternyata sangat penting loh untuk mengetahui kegunaan air radiator coolant kalau kebetulan mesin mobil anda mengalami gejala overheating.

Sebelum menjawab soal fungsi, sebaiknya kita tanyakan soal kandungan (chemical) yang ada di dalam coolant.

Pemerhati Otomotif dan CEO Wealthy Group, Arief Hidayat mengatakan, ada chemical khusus yang terkandung di dalamnya. 

"Air radiator coolant itu seharusnya mengandung chemical seperti ethylen glicol, diethlyn glicol, sodium 2-ethyl hexanote, sodium neodecanote hingga rust inhibitor," jelasnya kepada MobilKomersial.com di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Nah, gunanya kandungan-kandungan itu, kata dia, untuk menjaga temperatur mesin agar tetap berada pada temperatur kerjanya. 

"Selain itu pada beberapa zat additive itu juga yang membuat air radiator coolant mampu menjaga tangki dari karat dan anti beku," ungkapnya.

Disitulah air radiator coolant bekerja dalam menjaga mesin tetap pada suhu optimal. "Proses pendinginan dilakukan berasal dari cairan pendingin (radiator coolant) melewati buluh-buluh kecil pada radiator," pungkas Arief.

Share :

Dalam Keadaan Darurat, Begini Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan Gojek

Selain tombol darurat, kedua platform transportasi online ini juga memiliki fitur keselamatan lain yaitu 'Bagikan Informasi Perjalanan' (Share My Ride).

Read More
Warna Cat Pengaruhi Harga Mobil, Benarkah?

Banyak isu yang sering beredar di masyarakat, mengenai harga mobil yang berbeda karena warnanya.

Read More
Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Isi BBM Ketika Indikator Menyentuh 'E'

Sebaiknya jangan membiasakan mengisi BBM saat indikator berada di E

Read More