Jakarta, MobilKomersial.com - Hayoo, tahu tidak fungsi air radiator coolant pada mobil? Pada umumnya rata-rata masih banyak orang yang belum mengerti kegunaan air radiator coolant. 

Ternyata sangat penting loh untuk mengetahui kegunaan air radiator coolant kalau kebetulan mesin mobil anda mengalami gejala overheating.

Sebelum menjawab soal fungsi, sebaiknya kita tanyakan soal kandungan (chemical) yang ada di dalam coolant.

Pemerhati Otomotif dan CEO Wealthy Group, Arief Hidayat mengatakan, ada chemical khusus yang terkandung di dalamnya. 

"Air radiator coolant itu seharusnya mengandung chemical seperti ethylen glicol, diethlyn glicol, sodium 2-ethyl hexanote, sodium neodecanote hingga rust inhibitor," jelasnya kepada MobilKomersial.com di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Nah, gunanya kandungan-kandungan itu, kata dia, untuk menjaga temperatur mesin agar tetap berada pada temperatur kerjanya. 

"Selain itu pada beberapa zat additive itu juga yang membuat air radiator coolant mampu menjaga tangki dari karat dan anti beku," ungkapnya.

Disitulah air radiator coolant bekerja dalam menjaga mesin tetap pada suhu optimal. "Proses pendinginan dilakukan berasal dari cairan pendingin (radiator coolant) melewati buluh-buluh kecil pada radiator," pungkas Arief.

Share :

Rawat Wiper Agar Berkendara Tetap Nyaman Saat Hujan Datang

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada wiper

Read More
Mau Sewa Bus untuk Berwisata, Cek Dulu Kondisinya Lewat Fasilitas e-KIR

Banyaknya kasus kecelakaan bus pariwisata selama ini membuktikan pentingnya kita berhati-hati dalam memilih bus pariwisata

Read More
Cara Menghitung Jarak Aman Agar Terhindar Tabrakan Beruntun

Ternyata caranya sangat simpel dan mudah

Read More