Jakarta, MobilKomersial.com - Toyota berkolaborasi dengan Honda untuk membuat proyek uji coba "Moving-e", sebuah bus yang bisa menyuplai listrik di daerah bencana.

Moving-e adalah sebuah bus sel bahan bakar hidrogen yang berfungsi sebagai powerbank dengan memuat perangkat pemasok listrik portabel Honda Power Exporter 9000.

Perangkat itu memakai dua jenis baterai portabel Honda, LiB-AID E500 dan Honda Mobile Power Pack (MPP).

Nantinya, kedua pabrikan tersebut akan mulai menguji coba kemampuan bus untuk menyalurkan listrik dalam berbagai kegunaan seperti untuk bisnis di perkotaan.

Baca jga : Dua Aspek Ini Jadi Indikator Uji Coba Bus Listrik Transjakarta

Dalam tugasnya, bus Moving-e akan diisi daya listrik akan digunakan sebagai pasokan listrik ke rumah atau pusat evakuasi jika terjadi kerusakan jaringan listrik akibat bencana, misalnya angin topan dan hujan badai. 

Hal yang menarik adalah bus sel bahan bakar ini menggunakan bahan bakar hidrogen untuk mengisi baterai portabel maupun untuk digunakan langsung. 

Moving-e dikembangkan dari bus bertenaga hidrogen Toyota FC Bus yang dilengkapi dengan tangki hidrogen bertekanan tinggi dua kali lebih banyak dari ukuran biasa.

Energi listrik yang dihasilkan bisa mencapai 454 kWh dengan output maksimum 18 kW.

Share :

Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
Mercedes-Benz Hadirkan Sasis Bus Full-Electric eO500U untuk Pasar Amerika Latin

sasis bus listrik bertenaga baterai ini dirancang khusus untuk kebutuhan transportasi umum lokal yang ramah lingkungan dan bebas emisi dan berkontribusi pada pengendalian polusi udara dan dengan demikian meningkatkan kualitas hidup di kota

Read More
Setelah Truk, Kini Bus MAN Lion’s Coach Terpilih Sebagai

bus ini memiliki versi yang lebih panjang dan dapat menawarkan ruang untuk 61 penumpang dengan emisi CO2 terendah

Read More
honda

Terkini

Terpopuler