Jakarta, MobilKomersial.com – Bagi yang punya mobil pasti ga asing dengan radiator coolant, yang katanya bisa “mendinginkan” temperatur mesin. Masa iya?

Sebenarnya yang tepat adalah radiator coolant berfungsi untuk menjaga temperatur mesin agar tetap berada pada temperatur kerjanya.

Nah, tapi apakah kalian tau apa yang terkandung dalam air radiator coolant?

Pemerhati Otomotif dan CEO Wealthy Group, Arief Hidayat mengatakan, ada chemical khusus yang terkandung di dalamnya. 

"Air radiator coolant itu seharusnya mengandung chemical seperti ethylen glicol, diethlyn glicol, sodium 2-ethyl hexanote, sodium neodecanote hingga rust inhibitor," jelasnya kepada MobilKomersial.com di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Nah, gunanya kandungan-kandungan itu, kata beliau, untuk menjaga temperatur mesin agar tetap berada pada temperatur kerjanya.

Air radiator coolant bukan hanya diisi dengan glicol saja, namun ada tambahan additive yang bisa menjaga tangki dari karat dan juga lumut.

"Selain itu pada beberapa zat additive itu juga yang membuat air radiator coolant mampu menjaga tangki dari karat dan anti beku," ungkapnya pria pecinta mobil Audi ini.

“Jadi, minimal air radiator coolant wajib memiliki anti karat dan juga anti lumut agar bisa bekerja dengan optimal dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.” Tutupnya. 

Share :

Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Blind spot sendiri merupakan area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain pada saat berkendara,

Read More
Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Hydroplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan roda empat melayang di atas permukaan jalan karena tidak mampu menepis genangan air

Read More
Ingat Langkah Perawatan Ini Agar Performa Truk Damkar Tetap Bertenaga

Truk memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga agar komponen mesin dan bagian lainnya tetap bekerja optimal.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler