Jakarta, MobilKomersial.com - Pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia, membuat sejumlah industri memutar otak, berupaya agar tetap dapat melanjutkan kegiatan bisnisnya. Berbagai upaya tentunya dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan kreasi dan inovasi. 

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah Perusahaan Otobus dan Karoseri, yang membuat bus social distancing, dengan ubahan konfigurasi tempat duduk penumpangnya, agar armadanya dapat tetap beroperasi selama pandemi. 

Sejumlah unit bus yang telah melakukan ubahan konfigurasi kursi 1-1-1 diketahui merupakan bus besar, tapi PO Bagong diam-diam ternyata juga memiliki bus social distancing, namun dengan unit bus medium.

Baca juga : Inovasi di Masa Pandemi, Ini 4 Karoseri yang Bikin Bus Social Distancing

Bus antar kota dalam provinsi (AKDP) asal Jawa Timur ini menerapkan konfigurasi kursi 1-1-1 pada bus medium. Seperti diketahui, bus medium memiliki ukuran lebar yang berbeda dibanding bus besar. 

Bus besar sendiri memiliki lebar maksimal sekitar 2,5 meter, dan hanya memiliki selisih sekitar 20 cm dengan bus medium. Oleh karena itu, konfigurasi 1-1-1 bisa saja diterapkan pada bus medium. 

Pada unitnya, PO Bagong menggunakan bodi medium dari karoseri Trisakti asal Malang. Terdapat total 21 seat dengan fitur reclining dan safety belt 2 titik pada tiap bangkunya. Seat berwarna hitam-oranye ini dipasok dari perusahaan jok asal Malang, Rimba Kencana.

Hingga kini belum ada kabar bus ini akan dioperasikan untuk rute mana. Namun PO Bagong sendiri memiliki trayek antarkota dalam provinsi di Jawa Timur. Rutenya Surabaya-Tulungagung dan Surabaya-Trenggalek dengan armada bus medium.

 

(Denny)

Share :

Damri Siap Dukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Geopark Maros Pangkep

Damri telah resmi menandatangani nota kesepahaman dengan Pemprov Sulawesi Selatan, sebagai bentuk dukungan Damri terhadap Pengembangan Kawasan Pariwisata Geopark Maros Pangkep

Read More
VinFast Uji Coba Bus Listrik, 200 Unit Siap Sliweran di Kota Hanoi

Model bus listrik VinFast tampak menjalankan uji coba di area internal pabrik mereka pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Read More
Dukung Pemulihan Kawasan Wisata, Damri Kembangkan Rute Baru di Yogyakarta

Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan diberikan amanah menjalankan Program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yang digaungkan pemerintah sebagai lokasi wisata unggulan atau

Read More
honda

Terkini

Terpopuler