Jakarta, MobilKomersial.com - Saat ini, bus dengan konsep kursi berjarak atau social distancing sudah semakin digandrungi para pelaku transportasi darat di Indonesia.

Konsep bus social distancing pertama kali diperkenalkan oleh Karoseri Laksana yang kemudian diikuti oleh Karoseri Tenrem, Trisakti hingga Karoseri Adiputro.

Mereka membuat bus dengan kursi yang saling berjarak dengan konfigurasi 1-1-1 sesuai dengan anjuran pemerintah yang harus mengikuti protokol kesehatan dengan saling jaga jarak.

Konfigurasi kursi yang biasanya memiliki susunan 3 di kanan dan 2 di kiri (3-2), 2-2 atau 2-1, kini dibuat dengan konfigurasi 1-1-1 sesuai dengan anjuran pemerintah yang harus mengikuti protokol kesehatan dengan saling jaga jarak.

Baca juga : PO Sumber Alam Gaet Laksana Luncurkan Bus Social Distancing

Tercatat, hingga saat ini beberapa perusahaan otobus (PO) telah menggunakan bus dengan konsep bus anti corona atau bus social distancing ini.

Inovasi terbaru ini diaplikasikan pada bus milik PO Sumber Alam yang perdana mengoperasikan bus social distancing dengan bodi Legacy SR2 HD Prime besutan Karoseri Laksana.

Bus ini menggunakan sasis Hino RK8 dengan beberapa perubahan pada bagian kabin yang tentunya disesuaikan dengan protokol kesehatan. 

Simak juga : Kemenhub Berencana Izinkan Bus Social Distancing Bisa Diisi Penuh Penumpang

Spesifikasi mesin dari sasis RK8 yaitu 7.684 cc 6 silinder segaris dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga 260 PS di 2.500 rpm dan torsi maksimum 750 Nm di 1.500 rpm.

Armada yang dimiliki PO asal Kebumen, Jawa Tengah ini berisi 23 kursi yang bisa diatur kerebahannya, tersedia arm rest namun belum ada leg rest. 

Selain itu, bagasi di atas kepala ditiadakan dan ditambahi filter udara serta lampu ultraviolet. Kemudian pada kaca samping disediakan jendela yang bisa dibuka dengan cara digeser. 

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler