Jakarta, MobilKomersial.com - Apa yang terlintas di pikiran anda, saat mendengar jet? Bisa jadi yang dipikirkan adalah sesuatu yang cepat, dan mesin yang berisik. Namun, apa yang terjadi jika sebuah truk menggunakan mesin jet?

Sebuah truk dimodifikasi sedemikian rupa, hingga bisa menjadi salah satu truk tercepat di dunia. Truk ini didukung dengan tiga mesin jet sebagai penggeraknya, hingga bisa dipacu lebih cepat dari kereta peluru di Jepang.

Shockwave, inilah truk tercepat di dunia yang di-klaim bisa melaju lebih cepat dari kereta peluru di Jepang. Dengan memiliki bobot sekitar empat ton dan didukung tiga buah mesin jet, daya pacu yang dihasilkan bisa sangat luar biasa, yakni mendekati angka 644Km/h. Kecepatan tersebut bisa dicapai berkat 36.000 tenaga kuda yang dihasilkan dalam waktu 6,5 detik saja.

Kendaraan luar biasa ini berawal dari rancangan Les Shockley pada tahun 1984. Kemudian Neal Darnell yang pada tahun 2012 lalu berusia 64 tahun membelinya, untuk disempurnakan kembali bersama putranya bernama Chris, yang berusia 31 tahun. 

Baca juga : Daimler Siap Produksi Truk Listrik eActros Tahun Depan

Truk Shockwave ini berhasil memegang rekor dunia untuk kategori truk bertenaga jet, dengan kecepatan rata-rata tertingginya yang berhasil dicapai yaitu 605Km/h. 

"Ini adalah pengalaman yang luar biasa, dan Anda tidak akan percaya sampai Anda melihatnya," ujar Neal.

Shockwave dilengkapi dengan tiga buah mesin jet J34-48 Pratt &Whitney yang diambil dari pesawat jet latih Angkatan Laut Amerika yang disebut T-2 Buckeye. 

Setiap jet mampu menghasilkan 12.000 tenaga kuda ketika dinyalakan, sehingga total mampu terkumpul 36.000 tenaga kuda untuk menggerakkan Shockwave. 

Hal ini tentunya tak lepas juga berkat 719 liter bahan bakar yang bisa ditampung tangki truk ini. Dan untuk bisa menghentikannya, diperlukan dua buah slot parasut militer 16-inchi agar truk tersebut bisa secepatnya dihentikan.

Duet ayah dan anak ini selanjutnya berharap untuk bisa memamerkan truk tersebut melalui pertunjukkan khusus dengan berkeliling Amerika Serikat. Dan bahkan, dirinya membuat tiga jenis truk berbeda, yang dipasang dengan mesin jet nya itu. Ada truk pemadam hingga mobil pikap yang dapat melampaui kecepatan wajar kendaraan di aspal. 

 

(Denny)

Share :

Isuzu Dukung Penerapan Truk Zero ODOL di Jawa Timur

Peraturan ODOL ini diukur bukan hanya dari segi keselamatan saja, tetapi juga bertujuan agar kendaraan komersial menjadi lebih sehat.

Read More
Kenalkan Mesin Sistem Commonrail, Isuzu Gelar Webinar Bersama Siswa dan Guru SMK

Isuzu Indonesia menggelar webinar dengan tajuk Pengenalan Sistem Commonrail pada kendaraan Isuzu, Selasa 13 Oktober 2020 lalu.

Read More
Mitsubishi Fuso Bocorkan Teaser Canter Terbaru, Akan Masuk Indonesia?

Mitsubishi Fuso disebut-sebut siap menggebrak pasar truk, dengan menghadirkan generasi terbaru dari Canter

Read More
honda

Terkini

Terpopuler