Jakarta, MobilKomersial.com - Daihatsu dan GT Radial kembali selenggarakan acara sharing tips bertajuk Ngobrol Asik yang ditayangkan langsung melalui kanal Instagram Live di @daihatsuind pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Program edukatif dengan tema Tips Melakukan Eco Driving ini dikemas berupa talkshow bersama Sony Susmana, selaku Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), dan Zulpata Zainal, selaku Proving Ground On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal.

Setelah pada edisi sebelumnya, Daihatsu membahas tentang safety driving & defensive driving, maka Eco Driving merupakan kombinasi dari kedua teknik tersebut.

"Event ini diharapkan, bisa dimanfaatkan sahabat agar lebih hemat bahan bakar & bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini serta tetap ramah lingkungan," ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga : Kompetisi Modifikasi Daihatsu Dress Up e-Challenge 2020 Digelar Secara Nasional

Sesuai tema dan namanya, Eco Driving kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Eco Driving memiliki beragam manfaat, seperti lebih hemat BBM (Bahan Bakar Minyak), mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir potensi resiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet, sehingga dapat menghemat ongkos pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari-hari.

Sony menjelaskan, terdapat banyak teknik dalam melakukan Eco Driving, misalnya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco Driving, seperti Daihatsu Terios, Xenia, Sirion, Sigra dan Ayla.

Lalu, kata dia, beberapa langkah lainnya seperti merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan, memanaskan mesin cukup 1 menit, berkendara sehalus mungkin, menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 Km/Jam dan RPM di putaran 2.000.

"Selain itu, jangan lupa jaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi, atur suhu AC ideal di kabin, matikan mesin dan buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit, tidak kalah penting lakukan perawatan kendaraan secara berkala dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan," papar Sony.

Jangan lewatkan : Penjualan Daihatsu September 2020 Mulai Moncer, Sigra dan Gran Max Dominasi

Senada dengan Sony, Zulpata dari GT Radial menambahkan, pemilihan jenis ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving.

Menurutnya, ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah dan spek ini bisa ditemui pada ban Champiro Eco dari GT Radial.

"Agar selalu menjaga dan merawat ban, karena saat berkendara, komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendaranya," ungkapnya.

Share :

Gandeng OMB Saleri, Bosch Siap Produksi Komponen Sistem Tangki Hidrogen Kendaraan

Bosch dan OMB Saleri berharap bahwa kemitraan yang mereka lakukan sekarang untuk komponen sistem pengisian bahan bakar hidrogen akan memperluas posisi pasar mereka di sektor hidrogen.

Read More
Raih Indonesia Best Brand Award, Presiden Bridgestone: Kado Terbaik di Tahun 2021

Penghargaan kepada Bridgestone sebagai Indonesia Best Brand Award adalah kado terbaik buat kami untuk menutup tahun 2021.

Read More
Stop Produksi Karimun Wagon R, Suzuki Fokus Kembangkan Kendaraan Hybrid

Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan perusahaan mengalihkan prioritasnya. Sehingga dengan adanya kendaraan elektrifikasi akan berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki,

Read More
honda

Terkini

Terpopuler