Jakarta, MobilKomersial.com - Pada tahun 2000 silam, Honda memulai mengembangkan sebuah robot humanoid bernama Asimo yang dirancang untuk membantu aktivitas manusia sehari-hari. 

Sebagai robot humanoid, Asimo memfokuskan pengembangannya terhadap cara berjalan dengan dua kaki (bi-pedal), pengenalan lingkungan dan interaksi terhadap lingkungannya.

Teknologi yang dikembangkan untuk Asimo atau singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility turut berkontribusi terhadap berbagai teknologi cerdas seperti sistem kontrol mobil Vehicle Stability Assist, sistem keseimbangan pada sepeda motor, hingga sensor untuk kendaraan otonom.

Meski baru lahir 20 tahun lalu, namun proses perancangan Asimo telah menghabiskan waktu yang cukup panjang yaitu sejak tahun 1986 dimana kala itu Honda merancang struktur yang menyerupai kaki manusia untuk robot pertamanya yang diberi nama E0.

Robot EO sukses menciptakan langkah kaki yang seimbang dan teratur, namun, saat itu dibutuhkan waktu 5 detik untuk melangkah bergantian dari satu kaki ke kaki lainnya, dan robot E0 hanya dapat berjalan lurus kedepan.

Baca juga : HPM Adakan Program Sehat Bersama Honda Lewat Sosial Media

Hingga 1993, Honda terus melakukan penyempurnaan pada struktur kaki di beberapa generasi robot selanjutnya, mulai dari tipe E1 hingga E6 dan hasilnya, langkah kaki robot menjadi lebih cepat dan gerakannya terlihat lebih natural layaknya manusia.

Memasuki tahun 1994, Honda mulai merancang robot secara utuh mulai dari kaki hingga tangan dan kepala, yang diberi nama P1 hingga P3.

Perjalanan selama 14 tahun tersebut membawa kelahiran Asimo untuk pertama kalinya ke dunia di tahun 2000. 

Dengan tinggi 120 cm dan lebar 45 cm, robot mungil ini sudah dapat melangkah ke berbagai arah dengan dibantu sebuah controller terpisah. 

Tepat setahun setelahnya, robot ASIMO dirancang semakin canggih dimana ia telah mampu menaiki dan menuruni anak tangga.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More