Jakarta, MobilKomersial.com - Bicara soal bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) tentunya bukanlah hal baru bagi masyarakat yang berada di pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Ada puluhan bahkan lebih perusahaan otobus yang telah melayani perjalanan darat di ketiga pulau itu, dan berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Selain itu, banyak diantara pecinta bus juga telah mengenal berbagai PO bus yang beroperasi, dengan berbagai armada terbarunya. Namun, bagaimana dengan PO bus yang berada di luar Jawa? Di Sulawesi misalnya?

Banyak yang kini semakin mengenal PO Litha & Co, karena beberapa bulan lalu, PO Bus yang berkantor pusat di Makassar ini menghadirkan unit Suites Class terbarunya. Bahkan sebelumnya di tahun 2017, Litha & Co juga termasuk yang pertama kali menghadirkan sasis premium dari Mercedes-Benz yakni seri OC 500 RF 2542.

Baca Juga : PO Karina dan PO Lorena Bakal Punya Bus Baru, Suites Class?

Membahas tentang Litha & Co, seperti apa sejarah dan awal mula PO bus ini didirikan? Dan bagaimana perkembangannya, hingga kini mampu menjadi PO yang menghadirkan unit Suites Class pertama di Sulawesi?

Perusahaan Otobus (PO) Litha & Co didirikan pada tahun 1967 di Makale, Tana Toraja, oleh Litha Brent. PO Bus ini mengawali bisnisnya dari kegiatan menjual dan mengangkut barang-barang konsumsi harian dengan truk bermerek Dodge dengan rute Tana Toraja – Ujung Pandang, yang kemudian armada tersebut akhirnya diubah dan dikomersilkan menjadi angkutan umum. 

Jasa pelayanan dengan jurusan Tana Toraja – Ujung Pandang atau sebaliknya ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap minimnya angkutan umum di Tana Toraja. Dalam perkembangan selanjutnya, Litha & Co berubah menjadi badan usaha berbentuk firma. 

Perubahan tersebut dilakukan pada tahun 1970, karena adanya penambahan jumlah pemilik perusahaan. Dengan perubahan status tersebut, Firma Litha & Co akhirnya resmi menjadi penyedia jasa angkutan darat pada tahun 1972 dengan melayani trayek jarak pendek Makassar – Tana Toraja. 

Baca Juga : Melongok Mewahnya Bus Social Distancing dan Suites Class PO Handoyo

Sejak saat itu, jaringan Litha & Co terus bertambah luas. Litha & Co pun kemudian menambah armada bus baru miliknya, demi perluasan bisnis di masa yang akan datang dan perusahaan ini telah memiliki bus Mercedes-Benz untuk membentuk armadanya. 

Sesuai dengan misi Litha & Co untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, sekaligus mempertahankan kualitas dan kenyamanan yang ditawarkannya, kini Litha & Co sudah memiliki ratusan armada untuk melayani 18 rute perjalanan di tiga provinsi di Sulawesi.

Share :

Reuni Sopir Truk Tim Balap F1 McLaren Dengan Truk Mercedes-Benz Actros Pertama

Truk itu menjadi armada transporter tim balap Mclaren yang membawa mobil MP4/12 milik pembalap Mika Häkkinen dan rekan setimnya, David Coulthard, serta insinyur balap & trailer komunikasi, hingga tim medis.

Read More
Kenalan Dengan Naeem Hasim, Presiden Direktur Mercedes-Benz Truck dan Bus Indonesia

Kepemimpinan Naeem Hassim menjadi babak baru bagi Mercedes-Benz Truck and Bus, sebelumnya Naeem telah menjabat sebagai Head of Regional Center Africa, Daimler Truck Overseas (DTO).

Read More
Rahayu Santosa, Karoseri Kawakan Indonesia yang 'Mati' Karena Zaman

Perusahaan karoseri Rahayu Sentosa (RS) berdiri sejak tahun 1951 oleh Bambang Mulyadi. Awalnya, Rahayu Santosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler