Jakarta, MobilKomersial.com - Siapa bilang truk off-road hanya bergelut dengan lumpur dan jalanan berbatu di pertambangan? Berikut truk off-road yang tidak hanya cocok untuk kerja ekstra di pertambangan atau beroperasi di medan ekstrem tapi juga untuk gaya, mengundang perhatian hingga bikin kontroversi.

Hari ini siapa yang tak kenal Unimog? Truk yang diproduksi Daimler AG dengan merek Mercedes-Benz ini memang dirancang memiliki beragam kegunaan. 

Berkat performanya yang prima membuat produk ini banyak diminati. Atensi pasar dunia otomotif pada Unimog membuat Daimler AG mengeluarkan beragam varian segmen mulai dari segmen medium (versi 200-500) hingga segmen heavy truck (versi 4000-5000).

Seperti halnya truk di segmen heavy, truk bermesin super kuat ini mampu bekerja di medan berat dengan muatan ekstra sehingga ketangguhan generasi pendahulu Axor ini memang tak perlu diragukan.

Bermodal mesin OM 934 LA di Unimog 5023 bertenaga 227,8 Tk dengan torsi 900 Nm/1400 rpm membuat segalanya jadi mungkin.

Baca juga : Alat Berat United Tractors Ini Punya Bodi Lebih Ringan, Muatan Gila-gilaan

Maka tak heran bila mobil asal Jerman ini jadi koleksi dan pilihan sejumlah artis dalam serta luar negeri ketika muncul untuk mengundang perhatian publik.

Di tanah air, truk ini sudah banyak dipakai. Hampir di semua sektor bisnis menggunakan produk ini meski yang paling banyak adalah di segmen pertambangan bahkan koleksi pribadi.  

Sebut saja Ahmad Dani, pentolan Band Dewa 19. Bersama anak, istri dan kerabatnya Dani diarak menggunakan Unimog 1500 L sewaktu keluar dari LP Cipinang pada 30 Desember 2019 silam.

Di panggung politik, pendukung pasangan Prabowo-Hatta juga menaiki Unimog sewaktu mendatangi MK guna mengawal hasil Pilpres 2014 meski pada rombongan pendukung ditahan pihak kepolisian di jalan raya. 

Mantan Gubernur California yang juga artis Hollywood kawakan Arnold Schwarzenegger juga sempat mengkoleksi dan memodifikasi Unimog miliknya.

Selain nampak elegan dikendarai, desain body yang fleksibel memungkinkan kendaraan ini mudah dimodifikasi untuk sesuai kebutuhan penggunanya.

Selain reputasi dalam performa mesin, Unimog juga terkenal dalam hal kenyamanan ergonomis dan memberikan kesan ekslusif ketika dikendarai. Itulah mengapa truk ini jadi sangat layak dikoleksi. 

Fleksibilitas body Unimog telah terbukti karena kendaraan ini jadi pilihan dalam menyelesaiakan berbagi kebutuhan pekerjaan.

Di kancah internasional, Unimog membuktikan ketangguhannya melumat tanjakan di Gunung Ojos del Salado (6.893 mdpl), Chili. Pendakian yang dipimpin Matthias Jeschke bersama 10 tim Extrem Events meraih sukses besar ketika membawa dua Unimog mendaki. 

Simak juga : Howo Mixer Truk 6x4, Truk Siput Terbaik dari Negeri Panda

Untuk diketahui, truk ini pertama kali diproduksi pada 1951 setelah Jerman usai Jerman babak belur di Perang Dunia II. Sebenarnya nama besar Unimog di segmen pertambangan tejadi karena tidak sengaja. Karena model pertama truk ini memang diperuntukkan di sawah, hutan dan ladang pertanian. 

Namun, performanya yang di luar ekspektasi tersebut membuat semua sektor bisnis melirik truk ini untuk dipakai di tambang, padang pasir, dan wilayah bersalju. Bahkan truk militer juga menggunakan truk ini sebagai kendaraan tempur serta diikutkan di reli Dakar. 

 

(Denny)

Share :

Iveco Pamerkan Truck Baru S-Way Turbostar Edisi Khusus

didedikasikan untuk warisan TurboStar, salah satu truk paling ikonik, legendaris, dan inovatif yang pernah dibuat, yang membuat sejarah

Read More
Fat Truck Luncurkan Truk Industri Utilitas, Bisa Jalan Diatas Air ?

Kendaraan serba bisa ini mampu berjalan di atas air untuk angkut material hingga mendaki bukit terjal dengan kemiringan ekstrim

Read More
eCanter Jadi Truk Berbasis Listrik Pertama Yang Tampil di UEA

ENOC Link pamerkan eCanter sebagai komitmennya terhadap transportasi perkotaan masa depan

Read More
honda

Terkini

Terpopuler