Jakarta, MobilKomersial.com – Di tengah kondisi sulit pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pelemahan ekonomi nasional, anggota Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dihadapkan pada kondisi dilema menaikkan tarif. 

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan mengaku pihaknya tidak mungkin menaikkan harga tiket selama pandemi meski keadaan sedang mendesak. Belum usai diganjar regulasi pembatasan penumpang, pengusaha otobus mengalami masalah baru.

Menurut pria yang dikenal dengan nama Sani ini, selain dihadapkan pada daya beli masyarakat pada tiket bus melemah, pengusaha otobus juga harus menghadapi masalah angkutan liar yang mencari peluang selama masa pandemi dan ketidakpastian regulasi. 

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Perjalanan, Damri Sosialisasi Safe on Bus

”Persaingan di dunia angkutan penumpang, terutama bus, bukan hanya berat tapi juga membingungkan. Masyarakat sudah banyak berpindah ke angkutan pribadi dan angkutan pribadi yang jadi angkutan umum berplat hitam,” kata Sani saat dihubungi MobilKomersial.com, Selasa (5/1/2001). 

Pria yang juga menjadi Ketua Bidang Angkutan Penumpang DPP Organda ini mengaku bila menaikkan harga tiket di masa pandemi sama seperti menggali lubang kubur sendiri. Ia juga menuturkan, pengusaha otobus yang cerdas adalah yang tidak menaikkan angkutan di tengah kondisi seperti ini tapi mengupayakan agar masyarakat kembali tertarik menggunakan angkutan umum yang resmi. 

”Sebelum ada pandemi, setiap ada liburan tanggung dan libur panjang, pengusaha otobus bisa bersaing menaikkan harga dari 15-30% bahkan ada yang sampai 50%. Di tengah kondisi yang tidak menentu ini, kami harus cermat dalam menaikkan harga tiket agar tidak jadi bumerang buat kami,” tuturnya. 

 

(Denny)

Share :

PO ANS Tambah 5 Unit Bus Baru dari Karoseri Morodadi Prima

Karoseri Morodadi Prima merilis 5 unit bus baru milik PO Anas Nasional Sejahtera (PO ANS), bus tersebut menggunakan dua sasis yakni Mercedes Benz OH 1626 dan OH 1526 dengan bodi Patriot TE228G.

Read More
PPD Operasikan Bus Rute Baru di Bali, Pelajar dan Mahasiswa Gratis

Dinas Perhubungan Provinsi Bali meluncurkan armada ‘Bantalan Sosial Kenaikan BBM’ dengan Perusahaan Umum Pengangkut penumpang Djakarta (Perum PPD) yang mengoperasikan bus tersebut.

Read More
Tren Bagasi Luas di Bus, dari Angkut Sepeda Motor Sampai Mobil Sport

Mempunyai bagasi yang luas pada bus saat ini telah menjadi tren, sehingga para penumpang tidak perlu khawatir dengan barang bawaannya tidak terangkut. Bus yang memiliki bagasi luas hingga tembus dari sisi kana ke kiri hadir untuk memenuhi kebutuhan penump

Read More
honda

Terkini

Terpopuler