Jakarta, MobilKomersial.com - Peran teknisi di sebuah perusahaan angkutan adalah melakukan perawatan rutin kendaraan agar prima saat digunakan. Teknisi juga berperan dalam memperbaiki kerusakan kendaraan. Secara umum, hadirnya teknisi dapat meminimalisasi downtime kendaraan. 

Untuk perawatan ringan seperti mengganti kampas, filter dan oli, dan mengecek performa kendaraan, teknisi di bengkel masih dapat diandalkan. Lalu apakah teknisi di bengkel juga harus dilibatkan untuk mengatasi perawatan yang sifatnya berat seperti overhaul? 

Wakil Ketua II Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Sugi Purnoto mengatakan, pada dasarnya pertimbangan menggunakan teknisi sendiri atau ke bengkel resmi adalah murni pertimbangan biaya dan efisiensi. 

”Ketimbang harus dibawa ke bengkel resmi, perusahaan angkutan lebih memilih menggunakan teknisi sendiri untuk menangani perawatan ringan,” kata Sugi Purnoto pada MobilKomersial, beberapa waktu lalu. 

Namun seiring perkembangan teknologi kendaraan yang semakin maju membuat teknisi di tidak lagi dapat mengikuti perkembangan teknologi truk terbaru, terutama truk Eropa. Truk-truk Eropa dianggap lebih susah ditangani (service) ketimbang truk lainnya.  

Baca juga: 20 Tahun Ramaikan Pasar, Iveco Chakra Jawara: Kami Tertantang Hadirkan Produk Berkualitas

Rudhi Wibawa, General Manager, Commercial & Marketing PT Chakra Jawara selaku agen resmi kendaraan Iveco di Indonesia, merekomendasikan agar servis berat truk ditangani oleh teknisi berpengalaman di bengkel resmi. 

”Teknisi kami sudah mumpuni dan andal sehingga mampu bekerja lebih cepat. Selain itu kami memberikan program alih teknologi ke konsumen. Pada program ini kami memberikan training ke teknisi konsumen untuk melakukan perawatan sesuai dengan standar dan prosedur yang kami miliki,” kata Rudhi kepada MobilKomersial.com.

Menurut Rudhi, persepsi mahal dan murahnya sebuah servis adalah masalah paradigma. Karena menurutnya teknologi yang canggih harus ditangani dengan tenaga yang sesuai. 

”Sebenarnya kalau dihitung, biaya yang dibayarkan untuk teknisi kami tidak berbeda terlalu jauh dengan teknisi pribadi, tapi nilai tambah yang didapatkan oleh konsumen akan jauh lebih besar. Kalau overhole dilakukan teknisi sendiri, kalau ada masalah, tidak ada garansi. Kalau teknisi diler yang mengerjakan, kami punya garansi,” jelasnya.  

 

(Denny)

Share :

Bisnis Angkutan Jalan Terus, KTB Tawarkan Program Purnajual Fuso GAS POLL

Program service ini menawarkan dua keuntungan bagi setiap konsumen. Pertama, paket Ganti Oli Mesin dengan Mitsubishi Fuso Genuine Oil.

Read More
Nekat Naik Truk Sayur, Pemudik Diamankan Petugas di Tol Cikarang

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengamankan sebuah truk pengangkut sayur yang juga membawa sejumlah pemudik di Tol Cikarang KM 31 arah ke Cikampek.

Read More
Dukung Penghijauan, UD Trucks Lakukan Komitmen “Ultimate Dependability”

UD Trucks mengukuhkan komitmen “Ultimate Dependability” bagi para pelanggan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler