Jakarta, MobilKomersial.com – Penurunan penjualan kendaraan di masa pandemi Covid-19, membuat industri pelumas kendaraan ikut lesu.

Asosiasi Perhimpunan Distributor, Importir, dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI) menyebutkan bahwa, permintaan pelumas di 2020 ikut menurun akibat penurunan penjualan kendaraan. 

Ketua Dewan Penasihat Perdippi, Paul Toar berharap, industri pelumas dapat meningkat di tahun 2021. Menurut Paul, selama pandemi belum berakhir dan ekonomi nasional masih buruk, industri pelumas tidak akan pernah meningkat. 

”Sebenarnya yang paling perlu diwaspadai adalah 10-20 tahun mendatang ketika tren elektrifikasi kendaraan sepenuhnya tiba di Indonesia. Ketika kendaraan berbahan bakar sudah digantikan oleh kendaraan listrik maka akan terjadi penurunan penjualan pelumas yang drastis, terutama untuk kendaraan,” ungkap Paul kepada MobilKomersial.com, Kamis (21/1/2021). 

Menurut Paul, dalam konteks kendaraan, kebutuhan terbesar dari pelumas kendaraan ada di mesin kendaraan. Sedangkan untuk pelumas rem, kata Paul, kebutuhannya tidak akan besar. 

Paul juga menuturkan, seiring waktu, elektrifikasi tidak hanya akan ada di kendaraan pribadi tapi juga merambah ke bis dan truk. Meski demikian, proses elektrifikasi di Indonesia masih cukup lama. 

”Di Norwegia sudah ada larangan produksi mobil berbahan bakar dan Indonesia saya kira cukup lama. Meski nantinya kebutuhan untuk kendaraan akan menurun, tapi pelumas tidak akan terhapus sama sekali karena masih tetap dibutuhkan di industri manufaktur,” tutup Paul. 

 

 (Denny)

Share :

Buruan Serbu! Potongan Harga 25% untuk Perawatan Peugeot 306 dan 406 Sampai Akhir Maret 2021

Pada bulan Maret 2021 ini Astra Peugeot berikan potongan harga untuk perawatan Peugeot di seluruh bengkel resmi Peugeot.

Read More
Ban Motor Michelin Kini Hadir Tanpa Bungkus Plastik, Ini Keuntungannya

Michelin Indonesia mengumumkan bahwa telah meniadakan penggunaan pembungkus plastik pada ban motor merek Michelin, mulai 1 Maret 2021.

Read More
Atasi Mika Lampu Mobil yang Buram dengan Wealthy Headlamp Restoration

Pemakaian Wealthy Headlamp Restoration pada mika lampu mobil tidak butuh waktu lama, hanya beberapa menit saja.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler