Berikut ini rangkaian uji berkala kendaraan:

1. Pendaftaran

Sebelum uji KIR, pemilik kendaraan diharapkan melakukan pendaftaran di loket dan membawa foto kopi STNK, foto kopi pemilik kendaraan, (untuk yang pertama kali KIR) kendaraan wajib membawa Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT)

2. Pra Uji 

Setelah pendaftar datang pada hari yang ditetapkan (baik secara langsung online) petugas akan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan. Di tahap ini petugas akan mengecek kendaraan secara fisik di bagian depan, belakang, kanan, kiri dan bagian dalam kendaraan. 

3. Uji Emisi

Setelah diperiksa, kendaraan akan masuk ke sebuah ruangan, asap kendaraan akan diuji dengan CO/HC guna mengukur ketebalan asap pada mesin diesel. Di tahap ini, knalpot kendaraan akan dimasukkan alat pengukur emisi kendaraan. 

Simak juga : Langkah Mudah Mengecek Kondisi Mobil yang Terparkir di Garasi

4. Uji Spedometer

Di tahap ini, kendaraan akan diuji akurasi spedometernya. Tujuan dari pengujian ini adalah agar pengendara tahu persis berapa kilometer per jam kendaraannya melaju. Minimnya akurasi spedometer membuat pengendara tidak dapat mengontrol kendaraannya selama di jalan.

5. Uji Kebisingan

Di tahap ini, petugas akan menguji tingkat kebisingan kendaraan. Pengemudi di dalam kendaraan akan membunyikan klakson dan diuji seberapa bising klakson kendaraan tersebut. Knalpot kendaraan juga akan diperiksa kebisingannya. 

 

6. Uji Lampu 

Di tahap ini, penguji akan melihat sorotan lampu serta besarnya penyimpangan arah penyinaran dengan menggunakan head kight tester.  

7. Uji Rem

Di tahap ini, rem kendaraan akan diuji ketajaman rem utama dan rem parkir. Rem kendaraan akan diukur besaran gaya serta efisiensinya dengan brake tester. 

8. Uji Berat Sumbu

Di tahap ini kendaraan akan ditimbang berat sumbunya. Tujuan dari pengukuran berat sumbu ini adalah untuk memastikan berat kendaraan sesuai dengan ketentuan di dalam SRUT. 

9. Uji Side Slip

Di tahap ini, sikap roda kendaraan akan diuji kincup roda depan kendaraan. 

10. Uji Kolong 

Di bagian ini petugas akan memeriksa komponen-komponen di bagian bawah kendaraan. 

Selain beberapa aspek tersebut, bagian lain yang dicek oleh petugas meliputi: nomor dan rangka, kesesuaian nomor uji dengan tipe motor penggerak mobil, tangki bahan bakar, pipa saluran bahan bakar, sistem konverter kit, suspensi, panel instrumen di dasbor, pengukuran tembus cahaya kaca mobil, tempat duduk, pemeriksaan manual alat pemantul cahaya, bumper, spakbor, uji kedalaman alur ban dan spion. 

Share :

Hino Selenggarakan Pelatihan Mengemudi dan Mekanik Secara Online

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) juga selenggarakan pelatihan customer secara online.

Read More
Peduli Keselamatan Berlalu Lintas,  Hino Kembali Selenggarakan Seminar Online Bersama KNKT

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar seminar online bertajuk “Hino Peduli Keselamatan Berlalu Lintas”.

Read More
Gandeng KNKT, Hino Adakan Seminar Nasional Peduli Keselamatan Berlalu lintas

Acara ini digelar guna memberikan informasi keselamatan dan keamanan dalam berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler