Jakarta, MobilKomersial.com – Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan program tilang elektronik atau Traffic Law Enforcement (ETLE) di program 100 hari kerja. Tujuan dari program ini adalah agar polisi tidak perlu melakukan tilang di lapangan. 

”Salah satunya di bidang lalu lintas dan penegakan hukum berbasis IT, kami tindak lanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang kami sebut ETLE,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Gedung NTMC Polri melalui keterangan resminya, Senin (1/2/21).

Sehubungan dengan rencana tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dengan membentuk Satgas ETLE nasional. Nantinya satgas inilah yang menyiapkan fasilitas pemasangan ETLE secara nasional di jalan raya. 

Baca juga: Tilang Elektronik Diberlakukan, Aptrindo: Ini Cara Menghindarkan Kolusi

Melansir dari keterangan resmi Korlantas Polri, di tahap pertama pihak Korlantas akan melaunching ETLE nasional di tiga polda dan empat polresta, yakni: Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Riau. Sementara untuk polresta, yakni Polresta jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam dan Polresta Padang. 

Sampai hari ini tercatat ada 166 kamera CCTV yang dipasang untuk memonitor arus lalu lintas di masing-masing polda dan polres tersebut. Namun, untuk launching ETLE nasional tahap I akan dipimpin langsung oleh kapolri pada (17/3/2021) di gedung Kakorlantas Polri dan diikuti seluruh dirlantas polda se Indonesia secara virtual. 

Terkait pelaksanaan, pihak Kakorlantas memastikan bila pihaknya akan merealisasi ETLE secara bertahap dan menyingkronkan dengan dukungan dari pihak pemerintah daerah.

Baca juga: Polda Jabar Segera Terapkan Aturan e-Tilang

Untuk diketahui, sebenarnya ELTE sudah sempat digunakan di beberapa titik jalan untuk memantau pelanggar lalu lintas secara otomatis. Sedangkan untuk surat tilang dan lain sebagainya akan dikirimkan ke alamat rumah yang sesuai dan tertera di data kendaraan. Diharapan dari pengaplikasian ETLE adalah pengurangan praktik kolusi, korupsi dan nepotisme di jalan. 

”Ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang. Ini kami harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota kami di lalu lintas," kata Kapolri.

 

(Denny)

Share :

Pertamina Tambah 2 Pertashop di Sumatera Barat

Penambahan ini dilakukan untuk menambah ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Sumatera Barat.

Read More
Dianggap Berhasil Jaga Reputasi Perusahaan, Adira Finance Sabet 2 Penghargaan

Adira Finance berhasil menyabet dua penghargaan di ajang “Corporate Image Award 2021”.

Read More
Daihatsu Bekali Teknologi Otomotif ke 100 Guru SMK se-Jawa Timur

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengadakan pelatihan dan sharing teknologi otomotif terkini secara virtual kepada 100 guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) binaan se-Jawa Timur.

Read More