Jakarta, MobilKomersial.com – Upaya merealisasi Indonesia bebas Over Dimension Over Loading (ODOL) tahun 2023, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Hubdat berencana memperbaiki ekosistem dari hulu sampai ke hilir. 

Ditjen Hubdat mengklaim pihaknya terus aktif dalam melakukan penindakan (P21) terhadap kendaraan yang over tonase dengan transfer muatan yang biayanya dibebankan kepada operator serta normalisasi kendaraan. Pihak Hubdat juga bakal mengawasi penerbitan SRUT kendaraan secara online hingga penerapan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) pada Pengujian Kendaraan Bermotor. 

Baca juga: Beri Peringatan, 4 Kendaraan Over Dimension Dinormalisasi

Selain itu, Ditjen Hubdat bakal mengevaluasi kinerja Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) di daerah-daerah dengan cara memperketat pengujian kendaraan yang ada di daerah guna meminimalisasi potensi truk melakukan praktik ODOL. 

”Kami sekarang sedang menertibkan pengujian di kabupaten atau kota, kalau tidak sesuai akreditasi akan kami tutup sambil mereka melengkapi alat dan petugas berkompetensi, karena semua ini arahannya untuk keselamatan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, dikutip dari laman resminya, Selasa (16/2/2021). 

Baca juga: KNKT Soroti Kasus Kecelakaan Akibat Truk Over Load

Menurut Budi, pihaknya juga sedang mengupayakan Permenhub yang berkaitan dengan Omnibuslaw di mana pihaknya bakal membuka peluang swasta, bengkel, APM dapat mendirikan bengkel uji. 

Budi berharap agar semua pihak bekerjasama dalam menyelesaikan persoalan ODOL di Indonesia. Karena, menurut dia, ODOL di Indonesia adalah persoalan bersama yang dampaknya dapat merugikan banyak pihak. Selain mengancam korban jiwa, kata Budi, ODOL juga merugikan negara karena praktik ini dapat mempercepat kerusakan infrastruktur jalan. 

 

(Denny)

Share :

Simak 6 Target First Automobile Work (FAW) Hingga 2025

FAW akan mengembangkan diri menjadi penyedia layanan mobilitas kelas dunia dan ramah lingkungan pada tahun 2025.

Read More
Kenworth Tawarkan Sistem Diagnostik Truk Jarak Jauh, Cegah Kerusakan Sejak Dini

Kenworth tawarkan kemudahan pengolahan truk jarak jauh dengan menghadirkan TruckTech+ Remote Diagnostik.

Read More
Kerjasama dengan Walkinshaw Performance, VW Amarok W580X Hadir di Australia

Volkswagon (VW) telah mempersiapkan kendaraan generasi terbaru, Amarok W580X

Read More