Jakarta, MobilKomersial.com – Sebagai tindak lanjut dari kebijakan pelarangan mudik lebaran 2021, Direktur Lalu Lintas (Ditlantas ) Polda jateng melakukan penyekatan di perbatasan provinsi pada momentum libur lebaran 6-17 Mei 2021. 

Penyekatan wilayah ini dilakukan untuk mencegah kendaraan yang masuk dari Jawa Barat ke Jawa Tengah dan dari Jawa Timur ke Jawa Tengah. 

Dilarnsir dari laman resminya, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Rudy Syafirudin mengatakan, penyekatan hanya berlaku antar provinsi. 

Dengan adanya penyekatan ini masyarakat Jawa Tengah masih diperbolehkan melakukan perjalanan mudik antar Kota dan Kabupaten.

Baca juga: Pemudik Diancam Denda 100 Juta, Pengusaha Otobus: Kami Bakal Terpuruk Lagi

”Jadi nanti modelnya kayak di Jakarta saat ada pembatasan yang akan masuk ke Jakarta harus izin kepada Gubernur, nanti akan kami sounding ke Gubernur,” terang Dirlantas, Selasa (6/4/2021).

Rudy juga menambahkan, penyekatan tersebut akan dilakukan di jalur arteri maupun jalur tol dan penyekatan akan dilakukan secara total. 

”Diperkirakan saat momen lebaran nanti akan terjadi peningkatan mobilitas saat libur panjang. Masyarakat akan pulang lebih duhulu sebelum lebaran,” imbuhnya.

Baca juga: Setuju Larangan Mudik, Kemenhub Susun Pengendalian Transportasi

Pihaknya mengungkapkan, pada libur panjang Paskah kemarin terjadi peningkatan arus lalu lintas Tol Kalikangkung, dan Tol Banyumanik. Peningkatan kendaraan dari arah Jakarta kurang lebih 66,6%.

”Jumlah terbanyak kendaraan yang masuk terjadi pada 4-5 April 2021 mencapai 31.809 kendaraan. Namun untuk ke arah Jakarta terjadi penurunan 12,2%,” katanya.

Sementara di Tol Banyumanik terjadi peningkatan di pintu keluar sebanyak 49,72% dengan jumlah kendaraan terbanyak terjadi 4-5 April 2021 yaitu 43.744 kendaran. Arah sebaliknya terjadi penurunan 2,07%.

 

Share :

Agar Performa Bus Tetap Prima, Berikut Tips dari HMSI

Untuk mendapat hasil yang baik, HMSI menyarankan agar

Read More
HMSI Lakukan Uji Tempratur Oli di Tol Trans Jawa, Ini Hasilnya

HMSI menggunakan Monitoring Graphtech Digital Logger sebagai perangkat uji

Read More
Deretan Oli Wealthy untuk Mesin Bensin

Hari ini siapa yang tidak tahu dengan keunggulan pelumas Wealthy

Read More