Jakarta, MobilKomersial.com – Kecelakaan truk yang terjadi beberapa waktu terakhir ini terjadi akibat pengemudi kurang tanggap dalam menekan pedal rem. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Volvo Trucks, kecelakaan truk karena menabrak bagian belakang kendaraan di depannya, menempati urutan 20% dari total kecelakaan yang terjadi. 

Untuk mengantisipasi masalah seperti ini, Volvo Trucks memiliki teknologi baru untuk membenahi fitur keselamatan seperti halnya distance alert yang masuk dalam Forward Collision Warning with Emergency Brake. 

Fitur ini yang memudahkan pengemudi untuk menjaga jarak lebih aman dari kendaraan di depan serta menghindari situasi kritis. 

Baca juga: Kabin Truk Pemadam Kebakaran Volvo FM & FMX Ini Mampu Angkut 9 Penumpang

Dikutip dari laman resmi Volvo, Direktur Keamanan Lalu Lintas dan Produk di Volvo Trucks Carl Johan Almqvist mengatakan, kecelakaan (tabrak belakang) disebabkan oleh kurangnya perhatian dan perjalan yang terlalu dekat dengan kendaraan di depan. 

”Distance Alert memperingatkan pengemudi dengan lampu merah di kaca depan segera setelah truk terlalu dekat dengan kendaraan di depannya,” kata Carl.

Menurut Carl, efektivitas dari Forward Collision Warning with Emergency Brake adalah memiliki berlapis peringatan sebelum terjadi tabrakan. Apabila peringatan jarak tidak dihiraukan, peringatan tabrakan ke depan diaktifkan dengan tampilan kepala ke atas yang berkedip dan alarm terdengar untuk memperingatkan pengemudi. 

Jika pengemudi tidak bereaksi, lanjut Carl, rem darurat lanjutan diaktifkan. Semua ini terjadi hanya dalam beberapa detik.

Baca juga: Volvo Luncurkan Truk Listrik VNR 8 Class, Mampu Tempuh hingga 250 km Sekali Jalan

next>

Share :

eCanter Jadi Truk Berbasis Listrik Pertama Yang Tampil di UEA

ENOC Link pamerkan eCanter sebagai komitmennya terhadap transportasi perkotaan masa depan

Read More
Volvo Trucks Terima Pesanan 100 Truk FM Electric, Rekor Pesanan Komersial Terbesar Truk Listrik

Volvo Trucks telah menerima pesanan 100 truk FM Electric dari DFDS

Read More
UD Trucks Rilis Global Rangkaian Truk Euro 5 Baru

UD Trucks hari ini meluncurkan jajaran Euro 5 baru untuk truk Quester (tugas berat) dan Croner (tugas menengah).

Read More
honda

Terkini

Terpopuler