Jakarta, MobilKomersial.com - Indonesia sedang mempersiapkan sekaligus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik.

Mobil listrik tak hanya menjadi simbol kemajuan teknologi, namun juga menjadi bentuk upaya menghadirkan transportasi yang ramah lingkungan.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Sat ini, para pelaku industri otomotif baik roda 2, roda 4, kendaraan komersial dan industri pendukung mulai bergerak ke arah elektrifikasi.

Baca juga : Dukung Konversi ke Kendaraan Listrik, Damri Lepas Body dan Mesin Bus Bersama PT Spora Tehnika Indonesia

Untuk itu, dibutuhkan suatu wadah untuk menampung aspirasi serta masukan demi pengembangan yang lebih baik untuk KBLBB.

Ihwal komitmen dan kesiapan pemerintah tersebut, didukung dengan dideklarasikannya Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia  atau Periklindo.

Periklindo merupakan inisiasi dari para pelaku industri otomotif yang peduli terhadap pengembangan KBLBB dan mendukung pemerintah menuju era kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Adapun posisi Ketua Umum diisi oleh Kepala Staf Presiden, Jenderal TNI (purn) Moeldoko selaku perwakilan dari Mobil Anak Bangsa (MAB), Sekretaris Jenderal oleh Tenggono Chuandra Phoa dari Wuling Motors Indonesia, dan Bendahara oleh Rifin Tanuwijaya dari DFSK.

"Periklindo memiliki semangat untuk berperan aktif dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, baik dari kendaraan, informasi yang diperlukan seluruh pihak, hingga edukasi kepada masyarakat, dan diharapkan bisa memberikan sumbangsih nyata dan mengakselerasi perkembangan kendaraan listrik yang juga didukung Pemerintah," ungkap Moeldoko, saat deklarasi Periklindo di IIMS Hybrid 2021, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (25/4).

Share :

Kerjasama Mercedes-Benz dan Factorial Kembangkan Teknologi Baterai Solid-State

Tujuan lain dari kemitraan ini adalah untuk memulai dengan sel dan memperluas pengembangan untuk memasukkan seluruh modul dan integrasi ke dalam baterai kendaraan.

Read More
Hankook Lakukan Road Show dengan Truk Hyundai Xcient Fuel Cell Bertenaga Hidrogen

Hankook menetapkan target yang jelas seperti menggunakan 100 persen bahan baku berkelanjutan pada tahun 2050 dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen dibandingkan tahun 2018, sebagaimana disebutkan dalam laporan ESG produsen ban.

Read More
'Taksi Terbang' EHang 216 Mengudara di Langit Bali

menjadi AAV tingkat penumpang pertama di Indonesia yang disetujui untuk demo penerbangan transportasi nirawak

Read More
honda

Terkini

Terpopuler