Jakarta, MobilKomersial.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia selama satu tahun terakhir, membuat masyarakat semakin berhati-hati ketika harus bepergian menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi semisal mobil, jadi pilihan yang dinilai aman untuk bermobilitas.

Selain itu, kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk industri otomotif, khususnya pembelian mobil baru, kini membuka peluang orang membeli mobil pribadi menghindari naik kendaraan umum. 

Terdapat 29 jenis mobil yang seluruh variannya dapat menikmati insentif PPnBM, yaitu jenis kendaraan di bawah 1.500cc serta 1.501cc – 2.500cc. 

Kendaraan di bawah 1.500cc mendapatkan diskon pajak hingga 100% sampai dengan bulan Mei, sedangkan diskon pajak untuk kelompok 1.501cc – 2.500cc sebesar 50 persen.

Baca juga : Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Namun, sebagai barang mewah, saat melakukan pembelian mobil tak ada salahnya menggunakan layanan asuransi karena mobil adalah aset yang harus dilindungi agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Selain dapat melindungi kendaraan Anda, asuransi kendaraan menjadi salah satu bentuk mitigasi risiko terhadap perlindungan finansial Anda, kebetulan saat ini pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi PPnBM yang bisa menurunkan harga mobil baru.

"Relaksasi PPnBM pada mobil baru itu impact daripada penurunan harga antara Rp 16 juta hingga Rp 40 juta. Dari sisi penurunan harga mobil itu, impact-nya langsung ke premi karena rate premi diatur dalam tarif dan dikalikan langsung dari harga mobilnya," ujar Wayan Pariama, Direktur Adira Insurance dalam webinar kampanye #SelaluZiapAman, Rabu (28/4/2021).

Share :

Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
Kerja di Rumah Lagi, Coba Bersihkan Air Flow Sensor Biar Kinerja Mesin Mobil Optimal

Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sensor elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke dalam mesin.

Read More
Perhatikan Baik-baik Bahaya Membawa Muatan Berlebih pada Mobil Pikap

Penggunaan mobil pikap sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Read More