Jakarta, MobilKomersial.com – Untuk memantau pelarangan mudik di hari pertama pelarangan mudik hari raya Idul Fitri 2021, Kementerian Perhubungan gelar Pos Koordinasi (Posko) Terpadu. Posko ini akan beroperasi selama masa pelarangan mudik yang dimulai dari tanggal 6-24 Mei 2021.

Sebelumnya, posko ini digunakan untuk memantau kelancaran pergerakan angkutan penumpang. Sedangkan untuk tahun ini, posko ini untuk memantau dan memperkuat tim di lapangan yang tengah melakukan penyekatan di masa peniadaan mudik.

Baca juga: Nekat Naik Truk Sayur, Pemudik Diamankan Petugas di Tol Cikarang

”Ini merupakan upaya kami untuk memantau dan mengawasi pengendalian transportasi dalam rangka menindaklanjuti kebijakan pelarangan pengoperasian transportasi untuk mudik yang berlaku mulai hari ini,” kata Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Posko Terpadu Pengendalian Transportasi, Kamis (6/5/2021).

Menhub mengatakan, Kemenhub sebagai koordinator pengendalian transportasi harus intensif dan konsisten mengawal kebijakan peniadaan mudik. Menurut dia, pihaknya akan terus berkoordinasi secara itensif, melakukan evaluasi, kajian dan mengunjungi tempat-tempat yang harus dikoordinasikan, dan memberikan dukungan kepada semua pihak terkait. 

Baca juga: Larangan Mudik Dimulai Hari Ini, Sudah Siap dengan 383 Titik Penyekatan

Untuk diketahui, Posko Terpadu Pengendalian Transportasi berlokasi di kantor Kemenhub dan melibatkan segenap unsur Kementerian Perhubungan, Kepolisian RI, BMKG, Badan SAR Nasional, KNKT, PT. ASDP Indonesia Ferry, PT. Jasa Marga, Jasa Raharja, dan instansi terkait lainnya.

Melalui posko ini, dapat dipantau pergerakan arus kendaraan di simpul-simpul transportasi, yakni: di 48 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara, 51 pelabuhan, 9 Daerah Operasi (Daops) Kereta Api, dan 4 Divisi Regional (Divre) Kereta Api. Selain itu, dapat dipantau juga sejumlah titik di jalan nasional non tol maupun tol melalui cctv.

 

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More