Jakarta, MobilKomersial.com – Untuk memantau pelarangan mudik di hari pertama pelarangan mudik hari raya Idul Fitri 2021, Kementerian Perhubungan gelar Pos Koordinasi (Posko) Terpadu. Posko ini akan beroperasi selama masa pelarangan mudik yang dimulai dari tanggal 6-24 Mei 2021.

Sebelumnya, posko ini digunakan untuk memantau kelancaran pergerakan angkutan penumpang. Sedangkan untuk tahun ini, posko ini untuk memantau dan memperkuat tim di lapangan yang tengah melakukan penyekatan di masa peniadaan mudik.

Baca juga: Nekat Naik Truk Sayur, Pemudik Diamankan Petugas di Tol Cikarang

”Ini merupakan upaya kami untuk memantau dan mengawasi pengendalian transportasi dalam rangka menindaklanjuti kebijakan pelarangan pengoperasian transportasi untuk mudik yang berlaku mulai hari ini,” kata Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Posko Terpadu Pengendalian Transportasi, Kamis (6/5/2021).

Menhub mengatakan, Kemenhub sebagai koordinator pengendalian transportasi harus intensif dan konsisten mengawal kebijakan peniadaan mudik. Menurut dia, pihaknya akan terus berkoordinasi secara itensif, melakukan evaluasi, kajian dan mengunjungi tempat-tempat yang harus dikoordinasikan, dan memberikan dukungan kepada semua pihak terkait. 

Baca juga: Larangan Mudik Dimulai Hari Ini, Sudah Siap dengan 383 Titik Penyekatan

Untuk diketahui, Posko Terpadu Pengendalian Transportasi berlokasi di kantor Kemenhub dan melibatkan segenap unsur Kementerian Perhubungan, Kepolisian RI, BMKG, Badan SAR Nasional, KNKT, PT. ASDP Indonesia Ferry, PT. Jasa Marga, Jasa Raharja, dan instansi terkait lainnya.

Melalui posko ini, dapat dipantau pergerakan arus kendaraan di simpul-simpul transportasi, yakni: di 48 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara, 51 pelabuhan, 9 Daerah Operasi (Daops) Kereta Api, dan 4 Divisi Regional (Divre) Kereta Api. Selain itu, dapat dipantau juga sejumlah titik di jalan nasional non tol maupun tol melalui cctv.

 

Share :

Berikut Sederet Keunggulan Kampas Rem Bosch

Produk terbaru ini mampu meminimalisasi suara dan getaran karena menggunakan material non asbestos

Read More
Jasamarga Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Tanpa Registrasi Online

Kegiatan vaksinasi ini juga melayani vaksin Pfizer untuk KTP seluruh Indonesia dengan registrasi online.

Read More
Ini Juara Baru Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Juara baru untuk pertama kalinya dan berhasil meraih posisi pertama di kelas rokie dengan catatan waktu 20 menit 28,0331 detik. Tambahan beban seberat 10 kg tak menghalangi Gilbert menjadi juara p

Read More