Jakarta, MobilKomersial.com - Guna mengurangi emisi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan road map pendukung percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Dilansir dari laman resmi Kemenhub, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku telah berkoordinasi denhan Kemkomarvest terkait road map KBLBB.

"Minggu depan akan kita presentasikan dalam satu diskusi yang lebih detail, sehingga bisa dijadikan pedoman atau patokan bagi stakeholder terkait,” kata Budi dalam rapat tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, di Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Siap Dukung Sektor Pariwisata Nasional, Inilah Sederet Keunggulan DFSK Gelora E

Tak hanya road map, Budi juga menyatakan pihaknya telah menerbitkan beberapa regulasi, menggunakan KBLBB sebagai kendaraan operasional Kemenhub.

Kemenhub juga mendorong angkutan umum seperti: Transjakarta, Damri, Angkutan Bandara untuk menggunakan bus dengan tenaga listrik, dan mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota. KBLBB juga digunakan di tiga kota percontohan di Indonesia, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Baca juga: Menhub Budi Karya: DFSK Gelora E Cocok untuk Armada Shuttle Bus

“Kendaraan listrik juga bisa menjadi preferensi bagi Indonesia menjadi negara pengekspor kendaraan listrik, dan kita punya Pelabuhan Patimban yang sangat terbuka untuk dilakukan pengembangan industri mobil listrik. Karena memiliki car terminal yang memang diprioritaskan untuk melakukan ekspor ataupun antarkota,” imbuhnya.

next>

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More