Jakarta, MobilKomersial.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap sektor pariwisata nasional, Perum Damri melayani 15 rute di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di seluruh Indonesia, termasuk Borobudur. 

Direktur Utama DAMRI Setia N. Milatia Moemin melakukan audiensi bersama beberapa stakeholder untuk membahas kerja sama ini. Beberapa pihak yang hadir antara lain: Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Bisma Jatmika, dan Direktur Pemasaran Pariwisata Agus Rochiyardi di Kantor Badan Otorita Borobudur. 

Baca juga: Dukung Percepatan Era Elektrifikasi, Damri Akan Ujicoba Bus Listrik pada Agustus 2021

Di momen tersebut, Damri menyatakan keseriusan dalam mendukung industri industri pariwisata nasional, terutama yang terintegrasi dari Yogyakarta International Airport (YIA) dan Hotel Inna Malioboro menuju lokasi KSPN. 

DAMRI dan Badan Otorita Borobudur berencana akan membahas lebih lanjut mengenai potensi kerjasama yang akan dilakukan. Berikut untuk rute dari Hotel Inna Malioboro: 

  1. Hotel Inna Malioboro - Parangtritis - Pantai Baron - Wonosari
  2. Hotel Inna Malioboro - Tebing Breksi - Prambanan - Borobudur
  3. Hotel inna Malioboro - Yogyakarta International Airport (YIA) 

 

Untuk rute dari Yogyakarta International Airport (YIA): 

  1. YIA - Sleman City Hall
  2. YIA - Terminal Condongcatur
  3. YIA - Hotel Wisata Magelang
  4. YIA - Grand Inna Malioboro
  5. YIA - Ambarketawang
  6. YIA - Adi Sucipto (via Giwangan)
  7. YIA - Stasiun Wojo 

Baca juga: Damri Raih Sertifikat Manajemen Kualitas ISO 9001:2015

Untuk diketahui, trayek KSPN tersebut beroperasi mulai pukul 06.00 WIB sampai 16.30 WIB. Selain melayani trayek KSPN, DAMRI juga memiliki beberapa bus yang dapat didayagunakan dalam mendukung industri pariwisata, seperti bus café, bus hotel, bus shop, dan meeting bus. 

Damri juga melayani bus for bike untuk wilayah Bogor dan Bandung namun akan dilakukan perkembangan di kota-kota lain serta bus difabel di Mataram. Perusahaan juga dalam tahap pengembangan konversi bus listrik.

Di ranah digital, Damri juga mengembangkan teknologi Damri Fleet Management System (DFMS) yang memungkinkan bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat untuk meningkatkan produktivitas Damri. 

Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Selain itu, data-data pemantauan dapat menjadi sebagai bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

Selain teknologi fleet, Damri juga mengembangkan pemasanan tiket melalui online, yakni dengan aplikasi DAMRI Apps atau portal tiket.damri.co.id. Untuk mekanisme pembayaran, Damri menyediakan berbagai platform digital seperti DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, Traveloka, RedBus, GoPay, Mandiri, Visa, dan Mastercard serta gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

 

Share :

Penjualan Menurun di Bulan Agustus 2021, Honda: Terdampak Gangguan Pasokan Komponen

Penjualan terbesar Honda di bulan Agustus 2021 masih didominasi oleh Honda Brio

Read More
Penuhi Kebutuhan Baterai EV Mobil Korea, Hyundai Buka Pabrik di Indonesia

Fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion

Read More
Suzuki Finance: Pembiayaan Meningkat 24%, New Carry Pick Up dan XL7 Mendominasi

Terjadi peningkatan hingga 23% di segmen kendaraan komersial

Read More
honda

Terkini

Terpopuler