Tingkat kebisingan dari ban simetris juga tergolong rendah. Hal ini membuat ban ini semakin diminati karena nyaman karena tidak menimbulkan kebisingan. Minimalisasi suara bising ini didapatkan dari adanya pola alur yang konsisten ke satu arah putaran. 

Selama ini faktor utama yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih ban adalah dari segi harga. Pemilik kendaraan akan menghitung harga beli ban dengan ketahanannya. Dibandingkan dengan ban dengan pola ban lainnya, harga ban simetris dinilai lebih ekonomis. 

Baca juga: Ban Bias Diklaim Jadi Penyebab Kerusakan Jalan Tol

Ban simetris diklaim memiliki ketahanan yang lebih dibandingkan dengan ban lainnya. Ban dengan pola ini dapat dengan mudah dirotasi ke berbagai tempat, baik di depan dan di belakang. 

Meski demikian, ban simetris juga memiliki beberapa kelemahan. Ban jenis ini tidak cocok digunakan di aktivitas untuk kegiatan sport yang notabene membutuhkan performa tinggi. Ban berpola simetris hanya cocok untuk kebutuhan sehari-hari di jalan on-road. Selain itu, di jalanan berair, ban asimetris lebih unggul dibandingkan dengan ban simetris. 

Baca juga: Tips Berkendara Hadapi Aquaplaning saat Hujan

Ban simetris juga dianggap kurang mampu merespon perubahan kondisi jalan. Ban simetris juga kurang maksimal ketika digunakan di medan berkerikil atau tanah. 

Baca juga: Ban Senyap Milik Dunlop Ini Diklaim Turunkan Kebisingan Hingga 15% Dibandingkan Ban Biasa

 

Share :

Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
Kerja di Rumah Lagi, Coba Bersihkan Air Flow Sensor Biar Kinerja Mesin Mobil Optimal

Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sensor elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke dalam mesin.

Read More
Perhatikan Baik-baik Bahaya Membawa Muatan Berlebih pada Mobil Pikap

Penggunaan mobil pikap sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Read More