Jakarta, MobilKomersial.com - Menteri Perhubungan (Menhub) menyatakan bakal menempuh tiga upaya pencegah pemanasan global, yakni: pencegahan, pergeseran dan peningkatan. Menhub berharap tiga langkah tersebut dapat menurunkan tingkat emisi kendaraan. 

Pendekatan pertama, kata Menhub, adalah dengan pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD) di perkotaan. Harapan dari adanya TOD adalah menciptakan ekosistem transportasi massal transit yang terintegrasi dan dapat menumbuhkan komunitas pejalan kaki dan pesepeda. 

Sedangkan pendekatan kedua adalah mengoptimalkan kapasitas dan layanan transportasi umum perkotaan. Langkah ini bakal memberikan subsidi transportasi massal perkotaan melalui skema buy the services di sektor transportasi jalan. 

Baca juga: Percepat Realisasi Mobil Listrik, Ini Langkah yang Diambil Kemenhub

Sedangkan pendekatan ketiga adalah pemanfaatan teknologi untuk mendukung peningkatan kinerja transportasi. Langkah ini adalah penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar non fosil atau kendaraan listrik berbasis baterai, tenaga surya atau bahan bakar nabati. 

“Pemanfaatan kendaraan listrik menjadi salah satu implementasi kebijakan upaya penurunan emisi yang telah menjadi kebijakan nasional. Kami sudah memulai dengan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas,” ucap Menhub saat menjadi pembicara kunci dalam acara webinar “3rd Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition (IEECCE)” yang diselenggarakan Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI), Senin (14/6/2021).

Baca juga: BPTJ: Pemerintah Akan Subsidi 100% Operasional Kendaraan untuk Laksanakan Standar Layanan

Menhub juga mengungkapkan bila sampai akhir April 2021, Kemenhub telah menggunakan 26 unit kendaraan listrik dan 43 unit lagi akan dipesan secara berkala untuk para pejabat di kantor pusat, dan jumlanya akan terus bertambah. 

next>

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More