Jakarta, MobilKomersial.com – Guna mengurangi pergerakan masyarakat dan mengurangi dampak Covid-19, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan untuk memperketat perjalanan menggunakan transportasi umum dan pribadi. Meski demikian, Menhub mengaku tingkat mobilitas masyarakat masih relatif tinggi. 

”Di hari ke-5 pelaksanaan PPKM Darurat, mobilitas masyarakat di Jabodetabek dan di Jakarta masih relatif tinggi dilihat dari presentase penurunan mobilitas yang belum signifikan atau masih di bawah 30% dibandingkan masa sebelum PPKM Darurat,” jelas Menhub dikutip dari laman resminya, Rabu (8/7/2021).

Kementerian Perhubungan mencatat di masa PPKM Darurat, moda transportasi darat, untuk pergerakan penumpang di 31 terminal Tipe A di masa PPKM Darurat mengalami penurunan sekitar 31,5% atau sekitar 30 ribu penumpang per hari. Dibandingkan sebelum masa PPKM Darurat yang mencapai sekitar 53 ribu penumpang per hari. 

Baca juga: BPTJ: Tak Ada Toleransi untuk Pelanggar Aturan Perjalanan Selama PPKM

Pergerakan angkutan pribadi di empat gerbang tol utama mengalami penurunan hingga 28% atau sekitar 87 ribu kendaraan per hari dibandingkan dengan masa sebelum PPKM Darurat yang mencapai 120 ribu kendaraan per hari. 

Sedangkan, pergerakan kendaraan yang keluar Jabodetabek mengalami penurunan 16 persen atau sekitar 99 ribu kendaraan per hari, dibandingkan dengan masa sebelum PPKM Darurat yang mencapai 117 ribu kendaraan per hari.

Baca juga: Jasa Marga Melakukan Penyekatan Selama Masa PPKM, Berikut Titiknya

“Ada arahan dari Bapak Presiden melalui Pak Menkomarves bahwa untuk menurunkan angka kasus harian Covid-19 di Indonesia, diperlukan penurunan tingkat mobilitas masyarakat sekitar 30-50%. Untuk itu kita perlu melakukan upaya yang lebih, agar kedepannya jumlah pergerakan masyarakat bisa lebih menurun lagi,” ucap Menhub.

Menhub menginstruksikan kepada Dirjen Perhubungan Darat dan Perkeretaapian untuk mempersiapkan Surat Edaran baru untuk lebih memperketat syarat perjalanan, seperti misalnya memberlakukan syarat bagi penumpang untuk menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menuju Jakarta.

Share :

Kerjasama Mercedes-Benz dan Factorial Kembangkan Teknologi Baterai Solid-State

Tujuan lain dari kemitraan ini adalah untuk memulai dengan sel dan memperluas pengembangan untuk memasukkan seluruh modul dan integrasi ke dalam baterai kendaraan.

Read More
Hankook Lakukan Road Show dengan Truk Hyundai Xcient Fuel Cell Bertenaga Hidrogen

Hankook menetapkan target yang jelas seperti menggunakan 100 persen bahan baku berkelanjutan pada tahun 2050 dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen dibandingkan tahun 2018, sebagaimana disebutkan dalam laporan ESG produsen ban.

Read More
'Taksi Terbang' EHang 216 Mengudara di Langit Bali

menjadi AAV tingkat penumpang pertama di Indonesia yang disetujui untuk demo penerbangan transportasi nirawak

Read More
honda

Terkini

Terpopuler