Jakarta, MobilKomersial.com – Hyundai Motor akan melakukan uji coba operasi layanan RoboShuttle pada rute sejauh 6,1 km di Sejong Smart City, Korea Selatan 9 Agustus 2021 mendatang. RoboShuttle merupakan pengendalian kendaraan tanpa awak dengan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dilansir dari laman resmi Hyundai, pengujian kendaraan tanpa awak ini bakal menggunakan Hyundai H350 di mana van empat pintu ini dinamai sebagai “Solati” di Korea, Malaysia dan Vietnam. 

Kemampuan mengemudi secara otonom ini didapati dari kemampuan kendaraan yang dapat melihat kondisi sekitar untuk mengumpulkan informasi, membuat keputusan dan mengendalikan dirinya sendiri saat berada di jalan. Pada pengujiannya nanti, kendaraan ini bakal berhenti selama 20 kali untuk mengangkut penumpang di sepanjang jalan. 

Layanan RoboShuttle bakal menghubungkan teknologi mengemudi otonom dari perusahaan teknologi mobilitas AI AirS Company. Kendaraan ini mampu melakukan antar jemput secara mandiri dan menjemput tepat di titik penjemputan serta menghitung jalur terbaik menggunakan alogaritma AI. 

Baca juga: Tembus 1 Juta Km di Swiss, Hyundai Klaim Xcient Berbahan Bakar Sel Makin Diminati

Kendaraan komersial yang telah dilengkapi teknologi mengemudi otonom ini telah menerapkan berbagai teknologi inti setara level 4 dan dikembangkan in-house oleh Autonomous Driving Center di Hyundai Motor. Terkait izin atas pengoperasiannya, van ini telah mendapat izin operasi sementara level 3 dari Kementerian Pertahanan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan.

Bahkan Hyundai Motor telah menandatangani MoU dengan perusahaan transportasi Kota Sejong pada 12 Juli 2021 guna memfasilitasi kelancaran operasi program percontohan. Tak hanya itu, uji coba kali ini, Hyundai bekerja sama dengan Shucle yang merupakan layanan mobilitas responsif permintaan yang berjalan di Kota Sejong, diluncurkan oleh AIRS Company, laboratorium penelitian AI khusus di bawah Hyundai Motor Group.

Baca juga: Jajal Pasar Komersial Eropa, Bus Hyundai Elec City Fuel Cell Bakal Diujicoba di Jerman

Harapan dari pengujian kali ini adalah membuat transportasi umum berjalan lebih efisien karena kendaraan hanya akan berhenti di titik antar jemput yang telah dipilih oleh penumpang di dalam aplikasi. 

Terkait program jangka panjang Hyundai, pabrikan asal Korea ini juga berencana untuk memperkenalkan layanan RoboShuttle ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Hyundai Motor dan Kia Namyang pada paruh kedua tahun ini.

Share :

All New Honda BR-V Diperkenalkan, Simak Keunggulannya

Generasi kedua ini tampil apik dengan teknologi canggih terbaru.

Read More
3 Blind Van Paling Murah dan Nyaman Dikendarai

Blind Van didesain untuk mengejar fungsionalitas yang maksimal

Read More
Berikut Pembaruan Van Renault New Trafic, Mulai Dipasarkan pada Akhir 2021

Van medium dengan wajah terbaru ini bakal dipasarkan di Eropa pada akhir 2021.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler