Jakarta, MobilKomersial.com – Bridgestone Americas (Bridgestone) mengumumkan investasinya di Kodiak Robotics. Investasi di parusahaan yang memasarkan teknologi truk otonom jarak jauh level 4 ini memungkinkan Bridgestone mengintegrasikan solusi teknologi smart sensing ban bagi armada-aramada ke dalam truk otonom level 4 milik Kodiak. 

Untuk diketahui, truk otonom level 4 adalah kendaraan yang mampu beroperasi sendiri namun tetap dapat diambil alih oleh manusia kapan saja. Oleh karena itu, Bridgestone berencana menguji coba teknologi ban pintar dengan kendaraan otonom di masa depan guna meningkatkan kecerdasan kendaraan menuju masa depan mobilitas yang lebih aman, lebih efisien, dan lebih berkelanjutan.

Dilansir dari laman resmi Bridgestone, Global Chief Solutions Officer, Bridgestone Corporation, and President & CEO Bridgestone Americas Paolo Ferrari mengungkapkan, kendaraan otonom menawarkan sejumlah manfaat bagi pelanggan armada komersial dan masyarakat, termasuk perjalanan yang lebih aman, kemampuan untuk mengurangi kecelakaan tak terduga serta penghematan dan efisiensi bahan bakar hingga 20%. 

Baca juga: Dukung Pengusaha Logistik dan Otobus, Bridgestone Indonesia Tambah Layanan Mobile Service

”Kemajuan teknologi yang berpusat pada ban sangat penting untuk membuka peluang inovasi yang lebih besar dalam mobilitas, sekaligus memberikan manfaat keberlanjutan yang signifikan. Investasi ini akan memungkinkan Bridgestone dan Kodiak bekerja sama untuk bersama-sama mengembangkan solusi mobilitas canggih dengan kecepatan dan presisi yang akan merevolusi truk komersial,” jelas Paolo Ferrari. 

Inovasi ini bakal dimulai di negara bagian Texas dan Kodiak berencana mengembangkan truk otonom dalam beberapa tahun ke depan. Kecerdasan kendaraan adalah kunci utama untuk membuka peluang sistem pengendalian otonom yang aman, efisien, dan berkelanjutan bagi Kodiak dan pelanggannya.

Baca juga: Bridgestone Potenza Akan Jadi Ban Bawaan Lamborghini Huracán STO

Di sini Briedgestone bakal memanfaatkan data kendaraan untuk memprediksi kondisi performa serta perawatan ban, dan pengoptimalan masa pakai ban. Bridgestone juga akan memanfaatkan platform kendaraan miliknya yang mampu menghasilkan ban pintar yang dapat membantu sistem keamanan dan sistem otonom kendaraan guna menyempurnakan dan mendorong hasil yang lebih aman.

Co-founder and CEO Kodiak Robotics Don Burnette mengatakan, setelah proses pencarian yang panjang, Bridgestone akhirnya memilih Kodiak sebagai mitra dalam mengembangkan teknologi truk otonom. Menurut dia, investasi yang dilakukan Bridgestone adalah momen besar bagi Kodiak sekaligus validasi dari sistem otonom terdepan di industri ini.

”Sebagai bagian dari kemitraan, kami dengan senang hati menyambut Chief Technology Officer dan Group President Bridgestone, Solutions Businesss, Nizar Trigui, ke Dewan Direksi Kodiak sebagai pengamat. Kodiak dan Bridgestone akan bekerja sama untuk meningkatkan teknologi truk swakemudi, mulai dari sensor pintar ban hingga perawatan prediktif,” kata Don. 

 

Share :

Penjualan Menurun di Bulan Agustus 2021, Honda: Terdampak Gangguan Pasokan Komponen

Penjualan terbesar Honda di bulan Agustus 2021 masih didominasi oleh Honda Brio

Read More
Penuhi Kebutuhan Baterai EV Mobil Korea, Hyundai Buka Pabrik di Indonesia

Fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion

Read More
Suzuki Finance: Pembiayaan Meningkat 24%, New Carry Pick Up dan XL7 Mendominasi

Terjadi peningkatan hingga 23% di segmen kendaraan komersial

Read More
honda

Terkini

Terpopuler