Jakarta, MobilKomersial.com – Leyland Trucks memproduksi rangkaian kendaraan distribusi DAF LF yang sukses, termasuk LF Electric yang baru-baru ini memasuki produksi di pabrik Lancashire. Pasalnya, baru-baru ini pabrikan truk asal Inggris, Leyland Trucks, mengirimkan 20 unit truk DAF LF Electric 19 Ton untuk merangsang konversi dari truk berbahan bakar ke truk listrik. 

Selain ramah lingkungan, truk ini dipilih pemerintah Inggris karena memiliki berbagai keunggulan seperti adanya fitur pengisian onboard, yang berarti dapat dihubungkan ke pasokan listrik 3-fase untuk pengisian semalam — ideal ketika kendaraan kembali ke pangkalannya di penghujung hari. Baterai dapat diisi dari 20% hingga 80% dalam 6,5 jam dan dari 0% hingga 100% dalam 12 jam.

Baca juga: Strategi Elektrifikasi Truk Pemerintah UK, Libatkan Leyland Truck Sediakan 20 Truk Listrik

Truk listrik ini memiliki berat 19 ton dibekali dengan motor listrik 260 kW (370 kW peak power) yang ditenagai oleh baterai 282 kWh (efektif 252 kWh) setara dengan 348 HP dengan torsi 1970 Nm. Kendaraan ini memiliki jangkauan hingga 280 km. Pihak Leyland mengklaim, capaian jangkauan ini terbilang unik di kelasnya. 

Selain bermitra dengan Departemen Transportasi Pemerintah (DfT) Inggris, Leyland Trucks akan bermitra dengan beberapa end user di sektor publik selama uji coba, termasuk berbagai operasi NHS (Layanan Kesehatan Nasional) di seluruh negeri yang dialokasikan untuk uji coba sebelas rigid DAF LF Electric. Sembilan kendaraan sisanya akan dikirim ke sejumlah Pemerintah Daerah untuk mendukung daur ulang dan pengiriman ke sekolah-sekolah.

Baca juga: Kenworth Perkenalkan Generasi Terbaru T680, Truk CNG Ramah Emisi

Leyland mengklaim, pemilihan LF Electric dilatar belakangi oleh kualitasnya dalam nol emisi dan pengendaraan yang hampir senyap. Truk ini juga dirancang khusus untuk aplikasi perkotaan, ia memiliki kabin yang luas namun ringkas dan menawarkan kemampuan berkendara yang luar biasa bersama dengan posisi mengemudi yang baik.

Share :

Penjualan Menurun di Bulan Agustus 2021, Honda: Terdampak Gangguan Pasokan Komponen

Penjualan terbesar Honda di bulan Agustus 2021 masih didominasi oleh Honda Brio

Read More
Penuhi Kebutuhan Baterai EV Mobil Korea, Hyundai Buka Pabrik di Indonesia

Fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion

Read More
Suzuki Finance: Pembiayaan Meningkat 24%, New Carry Pick Up dan XL7 Mendominasi

Terjadi peningkatan hingga 23% di segmen kendaraan komersial

Read More
honda

Terkini

Terpopuler