Jakarta, MobilKomersial.com – PT Pertamina (Persero) dan Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI membangun dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Masing-masing SPKLU berada di Jalan Lenteng Agung dan MT Haryono, Jakarta ini telah diresmikan secara virtual, Kamis (5/8/2021). Pembangunan SPKLU ini dilakukan untuk mewujudkan energi bersih berbasis baterai listrik. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, sebagai BUMN yang masih menjalankan bisnis didominasi energi fosil, maka transformasi Pertamina harus dijalankan secara signifikan dan cepat. Menurut dia, komitmen transisi energi juga harus dilakukan secara serius dan melibatkan program yang sangat masif. 

Menurutnya, Pertamina juga telah melakukan pengukuran karbon emisi dalam 10 tahun terakhir dan telah dicapai sebesar 29% karbon emisi selama 2010-2020. Hal ini akan terus ditingkatkan termasuk di sektor transportasi yang menyumbang 23% karbon emisi.

Baca juga: Program Berbagi Berkah MyPertamina Diperpanjang hingga November 2021

”Sektor transportasi Ini harus menerapkan spesifikasi, untuk Itu, Pertamina bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan BPPT untuk mengembangkan SPKLU. Ada 3 lokasi yang dikembangkan dan alhamdullilah sudah beroperasi,” ujar Nicke dikutip dari laman resminya.

Selain itu, kata Nicke, untuk mendukung Pemerintah dalam mengembangkan Industri mobil listrik, Pertamina juga bergerak di industri mid-streamnya yaitu pengembangan ekosistem baterai listrik bersama-sama dengan BUMN lain dalam IBC (Indonesian Battery Corporation). Pertamina juga bekerja sama dengan pihak lain untuk sub-baterai yang diterapkan di beberapa daerah wisata dengan menyewakan kendaraan motor listrik.

”Dalam waktu dekat, kami juga akan me-launching green energystation, di vmana hari ini sudah sekitar 100 SPBU Pertamina terpasang Solar PV, sehingga listriknya juga sudah green energydan nanti akan dilengkapi dengan SPKLU,” imbuhnya.  

Baca juga: Pertamina Gelar Vaksinasi di Kantor Pusatnya, Target 10 Ribu Vaksin

Nicke mengungkapkan, tahun ini Pertamina menargetkan 250-300 SPBU yang akan menjadi green energy station. Bahkan, menurutnya, akan ada reward khusus bagi pelanggan yang membeli BBM di green energy station. Ini adalah komitmen Pertamina untuk mendukung tambahan bauran energy dari renewable energy di dalam energy transition.

Saat ini, Pertamina telah melakukan inisiasi Pilot SPKLU di 6 Lokasi di antaranya SPKLU di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan yang telah diresmikan pada 10 Desember 2020 lalu, SPKLU di SPBU Kuningan dan SPKLU di Bandara Soekarno Hatta yang sedang proses pembangunan. Adapun tiga SPKLU lainnya merupakan sinergi dengan BPPT, yakni SPBU Lenteng Agung dan MT Haryono serta SPKLU yang berlokasi Puspitek BPPT Serpong.

Baca juga: Pertamina Tambah 2 Pertashop di Sumatera Barat

Baca juga: Kurangi Insiden, Pertamina Mulai Digitalisasi Truk Tangki Pembawa BBM

Share :

Polaris Luncurkan Mid-Size Pro XD UTV, Jadi Alternatif Truk di Lokasi Konstruksi

sebagai alternatif berbiaya lebih rendah daripada truk atau van untuk bergerak di sekitar lokasi kerja

Read More
Transjakarta Siapkan 10 Unit Bus Low-Entry Untuk Kepulangan Seluruh Kontigen DKI PON Papua 2021

Transjakarta fasilitasi para atlet kontingen DKI Jakarta yang telah dan akan kembali ke Ibukota selama periode 13-17 Oktober 2021

Read More
Penerbangan Internasional Kembali Dibuka, Damri Batam Siapkan Bus Untuk Karantina di Hotel

Damri Siapkan Armada Transportasi di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam

Read More
honda

Terkini

Terpopuler