Jakarta, MobilKomersial.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pandemi Covid-19 tidak akan menghalangi percepatan pengembangan mobil listrik di Indonesia. Hal tersebut disampaikan pada saat keynote speaker dalam webinar Bulan Inovasi bertema, “Masa Depan Kendaraan Listrik di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park, Universitas Indonesia (UI), Jumat (13/8/2021). 

Menhub menuturkan, kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan yang ramah lingkungan. Menurut dia, manfaat dari kendaraan listrik adalah menjadikan bumi lebih sehat dan bebas polusi udara. Hal ini membuat pemerintah berupaya untuk segera mewujudkan pengembangan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. 

”Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, menjadi penanda komitmen pemerintah dalam mendorong pengembangan industri mobil listrik di dalam negeri,” kata Budi. 

Baca juga: Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia, Kemenhub Gandeng Nottingham University

Upaya yang telah ditempuh pemerintah, lanjut Budi, adalah membuat regulasi pendukung, peningkatan riset dan inovasi kendaraan listrik dan membuat grand design pengembangan kendaraan listrik hingga hilirisasi di dunia industri. 

Budi juga menuturkan bila sudah sejak 2017 Indonesia menerapkan konsep angkutan umum otonom listrik pada Kalayang (Sky Train) di Bandara Soekarno Hatta untuk transfer antar terminal. Ia berharap Indonesia dapat memiliki sistem transportasi publik berbasis listrik dan otonom. Kemenhub juga telah menggunakan kendaraan listrik motor dan mobil di lingkungan kerja kementerian perhubungan. 

”Salah satu kunci agar Indonesia dapat bersaing di industri kendaraan listrik global adalah dengan menciptakan ekosistem yang baik bagi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Kita tidak hanya membuat produk akhir berupa motor atau mobil listrik, namun juga bisa membuat komponen penting lainnya bagi kendaraan listrik. Jadi kedepannya perlu dikembangkan ekosistemnya termasuk industri suku cadangnya,” kata Menhub.

Baca juga: Bangun Pabrik BEV di Karawang, Hyundai, LG Energy Solution dan Pemerintah Indonesia Tandatangani MoU

Untuk mewujudkan transportasi yang efisien, berkelanjutan, dan ramah lingkungan, lanjut Menhub, inovasi-inovasi harus terus diperkuat. Hal itu dapat terwujud dengan adanya sinergi yang baik antara pemerintah, perguruan tinggi, swasta, masyarakat, dan juga media.

“Perguruan tinggi melakukan inovasi-inovasi, pemerintah menyiapkan kemudahan regulasinya, swasta mendukung, masyarakat menggunakannya, dan media ikut mensosialisasikannya. Kolaborasi ini akan mendorong pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Menhub.

 

Share :

Polaris Luncurkan Mid-Size Pro XD UTV, Jadi Alternatif Truk di Lokasi Konstruksi

sebagai alternatif berbiaya lebih rendah daripada truk atau van untuk bergerak di sekitar lokasi kerja

Read More
Transjakarta Siapkan 10 Unit Bus Low-Entry Untuk Kepulangan Seluruh Kontigen DKI PON Papua 2021

Transjakarta fasilitasi para atlet kontingen DKI Jakarta yang telah dan akan kembali ke Ibukota selama periode 13-17 Oktober 2021

Read More
Penerbangan Internasional Kembali Dibuka, Damri Batam Siapkan Bus Untuk Karantina di Hotel

Damri Siapkan Armada Transportasi di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam

Read More
honda

Terkini

Terpopuler